JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT MYELODYSPLASI SINDROME (MDS) DENGAN METODE BAYES

blogger templates

Penulis : Wandani Batubara
Kata kunci : Sistem pakar, Metode Bayes, Penyakit myelodysplasia sindrome 




Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT MYELODYSPLASI SINDROME (MDS) DENGAN METODE BAYES | Pada era sekarang komputer sangat luas penggunaanya. Komputer telah menjadi keperluan penting dalam keseharian dan digunakan oleh pengguna dengan tahap kemahiran yang berbeda-beda. Komputer digunakan dalam berbagai bidang kehidupan baik itu dibidang ekonomi, pertanian, perbankan, kesehatan, dan berbagai bidang lainnya. 

Kesehatan menempati urutan tertinggi dalam menunjang kelangsungan aktivitas harian setiap manusia. Kesehatan merupakan salah satu faktor penting bagi manusia dalam memenuhi berbagai kewajiban untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Seiring dengan itu jenis penyakit yang menyerang manusia cendrung meningkat walaupun telah dilakukan berbagai cara untuk menghindarinya. Untuk mengatasi hal tersebut harus diketahui jenis penyakit yang diderita serta rekomendasi perawatan, pengobatan, serta pencegahan dari penyakit yang lebih buruk. 

Adapun kendala yang dihadapi yaitu minimnya pengetahuan tentang kesehatan, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kesehatan dan yang terutama yaitu masalah biaya, maka orang berfikir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Penyakit yang jarang ditemui adalaPenyakit MDS myelodysplasia Sindrome, dimana gejala dari penyakit ini keluhan-keluhan seperti anemia berkepanjangan yang membengkak pendarahan karena trombopeni, dan adanya granulositopeni dan pusing berkepanjangan.Pertama kali diketahui sebagai penyakit tersendiri pada tahun 1976 dan kejadiannya diperkirakan sekitar 1500 kasus baru per tahun. Pada waktu itu, hanya pasien dengan lebih kurang dari 5% yang dianggap sebagai MDS myelodysplasia Sindrome. Persepsi bahwa insidensi MDS myelodysplasia Sindrome meningkat merupakan akibat dari kemajuan dalam mengenali penyakit ini dan kriteria diagnosisnya. 

Data statistik dari tahun 1999 menunjukkan bahwa 13.000 kasus baru terjadi per tahun (sekitar 1000 kasus per tahunnya pada anak-anak) sehingga membuat leukemia limfositik kronik menjadi jenis leukemia yang paling sering terjadi di negara-negara barat .Data tahun 2001 hingga 2003 dari National Cancer Institute’s Surveillance, Epidemiology & End Reports (SEER) menunjukkan 86% kasus MDS di diagnosa pada individu yang berusia >60 tahun (nilai tengah 76 tahun) dan lebih sering pada pria dibandingkan wanita. Menurut penelitian sebelumnya “Jurnal. Asti Marlina. Metode bayes untuk kelayakan calon tenaga kerja ke luar negri”. metode Bayes adalah menentukan pendekatan secara statistik dan untuk menghitung Tradeoffs diantara keputusan yang berbeda-beda, dengan menggunakan probabilitas yang menyertai suatu pengambilan keputusan tersebut dapat mendiagnosa penyakit MDS myelodysplasia Sindrome.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT MYELODYSPLASI SINDROME (MDS) DENGAN METODE BAYES"

Powered by Blogger.