JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA) PADA BERBAGAI KETINGGIAN HUBUNGANNYA DENGAN KONDISI LINGKUNGAN DI WILAYAH LERENG SELATAN MERAPI PASCA ERUPSI

blogger templates

Penulis : Satiyem, Sudarsono
Keywords: the diversity of species, type of MOSS (Bryophyta) , altitude.







Jurnal Penelitian | JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA) PADA BERBAGAI KETINGGIAN HUBUNGANNYA DENGAN KONDISI LINGKUNGAN DI WILAYAH LERENG SELATAN MERAPI PASCA ERUPSI | Secara astronomis, kawasan hutan Gunung Merapi terletak antara 1100 15’ 00” BT – 1100 37’ 30” dan 070 22’ 30” LS, sedangkan secara administrasi masuk dalam Propinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten, dan Propinsi DIY yaitu Kabupaten Sleman. Gunung Merapi terletak di titik silang 2 buah sesar (lempengan) yaitu sesar transversal yang memisahkan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah dan sebuah sesar longitudinal yang melewati Jawa (Anonim, 2005).

Lereng selatan Gunung Merapi merupakan daerah yang terkena dampak dari letusan Gunung berapi. Seiring berjalannya waktu pada daerah tersebut telah terbentuk vegetasi baru. Pemulihan ini ditunjukkan oleh munculnya beberapa tumbuhan lumut. Berdasarkan latar belakang, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) pada berbagai ketinggian hubungannya dengan kondisi lingkungan di wilayah lereng selatan Merapi pasca erupsi. 



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA) PADA BERBAGAI KETINGGIAN HUBUNGANNYA DENGAN KONDISI LINGKUNGAN DI WILAYAH LERENG SELATAN MERAPI PASCA ERUPSI"

Powered by Blogger.