JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG BENDUNGAN ASI DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN BENDUNGAN ASI (BREAST CARE) DI RB NUR HIKMAH KWARON GUBUG

blogger templates

Penlulis : Ratna Murniati*), Suprapti*), Erna Kusumawati*)
Keywords : Level of knowledge, engorgement, breast care







Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG BENDUNGAN ASI DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN BENDUNGAN ASI (BREAST CARE) DI RB NUR HIKMAH KWARON GUBUG | Dari Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) tahun 2010 menunjukkan pemberian ASI di Indonesia saat ini memprihatinkan, presentase bayi yang menyusu eksklusif sampai dengan 6 bulan hanya 15,3%. Hal ini disebabkan kesadaran masyarakat dalam mendorong peningkatan pemberian ASI masih relative rendah (Depkes, 2011).

Berdasarkan data yang diperoleh dari profil kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2010 menunjukkan cakupan pemberian ASI eksklusif hanya sekitar 37,18 % dari total jumlah bayi yaitu 488.495 hanya 181.600 bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dan menurun apabila dibandingkan dengan target pencapaian ASI eksklusif tahun 2009 sebesar 40,21 % dari total bayi 340.373 hanya 136.862 yang mendapatkan ASI eksklusif. Dan masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan target pencapaian ASI eksklusif tahun 2010 sebesar 80 % (Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2010).

Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan pada tahun 2010 tercatat jumlah bayi di Kabupaten Grobogan yaitu 11.112 bayi usia 0-6 bulan. Dan jumlah bayi yang mendapatkan ASI eksklusif yaitu sebesar 1.836 bayi hal ini berarti hanya 65,52 % bayi yang mendapatkan ASI eksklusif (Dinas Kabupaten Grobogan, 2010). Salah satu tidak tercapainya ASI eksklusif yaitu bayi tidak mendapat ASI yang cukup dikarenakan masalah dalam menyusui yang dikarenakan bendungan ASI. Bendungan ASI disebabkan oleh pengeluaran susu yang tidak lancar, karena bayi tidak cukup sering menyusu, produksi meningkat, terlambat menyusukan, hubungan dengan bayi (bonding) kurang baik, dan dapat pula karena adanya pembatasan waktu menyusui. Engorgement (Bendungan ASI) kebanyakan terjadi pada hari kedua sampai hari keempat postpartum. Terjadinya pembengkakan payudara dan secara palpasi teraba keras, kadang terasa nyeri serta seringkali disertai peningkatan suhu badan ibu, tetapi tidak terdapat tanda-tanda kemerahan dan demam.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG BENDUNGAN ASI DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN BENDUNGAN ASI (BREAST CARE) DI RB NUR HIKMAH KWARON GUBUG"

Powered by Blogger.