JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK AKUNTANSI

blogger templates

Penulis : Layla Suci Naylufar
Keywords: Problem Based Learning, Learning Performance






Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK AKUNTANSI | Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar. Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu (Sutratinah Tirtonegoro, 2001: 43). 

Menurut Alnemus Mema (2010) “prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa dari kegiatan belajar”. Prestasi belajar yang diperoleh dari kegiatan belajar biasanya dinyatakan dalam bentuk simbol, angka-angka, huruf, atau kalimat atau pernyataan. 

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang ditunjukkan dengan angka nilai pada ulangan harian, ujian tengah semester, ujian semester, dan rapor yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Prestasi Belajar Akuntansi merupakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yang dipelajari di sekolah yang disajikan dalam bentuk angka dalam suatu periode. Prestasi Belajar Akuntansi merupakan tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran akuntansi yang dilaksanakan dalam periode pembelajaran pada satu semester. 

Prestasi Belajar Akuntansi siswa tidak selalu mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dalam arti masih banyak siswa yang Prestasi Belajar Akuntansinya masih rendah. Menurut Eko Putro (2009: 25) “Dalam proses pembelajaran melibatkan dua subyek, yaitu guru dan siswa yang akan menghasilkan suatu perubahan pada diri siswa sebagai hasil kegiatan pembelajaran”. 

Hal ini tidak sejalan dalam penggunaan metode ceramah karena metode ini merupakan metode satu arah saja, yaitu hanya berasal dari guru. Dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah siswa akan cenderung pasif, karena kegiatan yang dapat dilakukan hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK AKUNTANSI"

Powered by Blogger.