JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN MUTU LAYANAN KONSELING AKDR DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR BIDAN DELIMA DI KOTA SEMARANG

blogger templates

Penulis : Indri Astuti Purwanti*), Titi Suherni**), Endri Astuti**)
Key words: IUD counseling quality, acceptor’s satisfaction grade







Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN MUTU LAYANAN KONSELING AKDR DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR BIDAN DELIMA DI KOTA SEMARANG | Pelayanan Keluarga Berencana (KB) adalah pilar pertama program Safe Motherhood yang bertujuan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Berdasarkan SDKI 2007, tingkat pemakaian alat kontrasepsi atau Contraceptive Prevalence Rate (CPR) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 1997 CPR Indonesia sebesar 57% dan pada tahun 2007 meningkat menjadi 61,4%. 

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berupaya melakukan pemerataan akses dan peningkatan kualitas pemakaian kontrasepsi di Indonesia dengan fokus utama pada kecenderungan pola pemakaian kontrasepsi yang dinilai tidak rasional. Kecenderungan pemakaian jenis kontrasepsi di Indonesia tidak sesuai dengan pola di negara lain. Contohnya pemakaian Intra Uterine Device (IUD) atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) semakin menurun dari tahun ke tahun (BKKBN, 2008).

Berdasarkan data SDKI 2007, kecenderungan pola pemakaian kontrasepsi terbesar adalah suntik (31,6%), pil (13,2%), IUD/AKDR (4,8%), implan (2,8%), Metode Operasi Wanita / MOW (3,1%), senggama terputus (2,2%), pantang berkala (1,5%), kondom (1,3%), Metode Operasi Pria / MOP (0,2%), dan metode lainnya 0,4%. Pemakaian metode kontrasepsi suntik memperlihatkan kecenderungan peningkatan pada beberapa kurun waktu terakhir ini, yaitu tahun 1991 hanya 11,7%, tahun 1994 sebesar 15,2%, tahun 1997 sebesar 21,1%, tahun 2003 sebesar 27,8% dan tahun 2007 sebesar 31,6%. Sebaliknya, pemakaian metode IUD/AKDR menurun dari waktu ke waktu, yaitu tahun 1991 sebesar 13,3%, tahun 1994 sebesar 10,3%, tahun 1997 sebesar 8,1%, tahun 2003 sebesar 6,2% dan tahun 2007 hanya sebesar 4,8% (BKKBN, 2008).


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN MUTU LAYANAN KONSELING AKDR DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR BIDAN DELIMA DI KOTA SEMARANG"

Powered by Blogger.