JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PARITAS DAN STATUS NUTRISI DENGAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI RB “NH” KUWARON GUBUG KABUPATEN PURWODADI

blogger templates
Penulis : Risma Karlina Putri1), Edy Soesanto2), Dwi Wahyuni3)
Keywords : Parity, Nutritional Status , Hyperemesis Gravidarum









Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PARITAS DAN STATUS NUTRISI DENGAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI RB “NH” KUWARON GUBUG KABUPATEN PURWODADI | Pada masa kehamilan terdapat berbagai komplikasi atau masalah-masalah yang terjadi, seperti halnya mual dan muntah yang sering dialami pada ibu hamil yang merupakan salah satu gejala paling awal kehamilannya. Akan tetapi sering kali tenaga kesehatan seperti bidan dan dokter obstetri menganggap mual dan muntah merupakan gejala fisiologis pada kehamilan (Tiran, 2008).Maka dari anggapan itulah mual dan muntah yang biasa terjadi pada wanita hamil dapat menyebabkan masalah yang umumnya pada trimester I yang disebut mual dan muntah berlebihan atau hiperemesis gravidarum dimana perasaan tidak enak yang dialami ibu hamil pada masa kehamilan dengan mual dan muntah secara berlebihan dalam waktu yang lama dan dapat menganggu keadaan umun ibu hamil dan pekerjaannya sehari-hari (Proverawati, 2009).

Dari modifakasi Neil-Rose (2007), Tiran(2008), Proverawati (2009), mual dan muntah yang berlebihan atau hiperemis gravidarum dapat dipengaruhi oleh faktor hormonal, faktor psikologis, faktor paritas, faktor nutrisi dan faktor alergi. Dari semua faktor itulah yang dapat memicu terjadinya hiperemesis gravidarum pada ibu hamil.

Berdasarkan studi pendahuluan yang dapatkan di RB Nur Hikmah Gubug, pada bulan januari – maret terdapat 46 ibu hamil trimester I pada bulan Januari, 41 ibu hamil trimester I pada bulan Februari dan 29 ibu hamil trimester I pada bulan Maret. 26 ibu hamil trimester I pada bulan Januari mengalami hiperemesis gravidarum, 29 ibu hamil trimester I pada bulan Februari mengalami hiperemesis gravidarum dan 15 ibu hamil trimester I pada bulan Maret mengalami hiperemesis gravidarum. Berdasarkan fenomena diatas maka peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian dengan judul Hubungan Paritas dan Status Nutrisi Dengan Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester I.

Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PARITAS DAN STATUS NUTRISI DENGAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI RB “NH” KUWARON GUBUG KABUPATEN PURWODADI"

Powered by Blogger.