JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG EFEK SAMPING IMUNISASI BCG DENGAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI PUSKESMAS NGESREP SEMARANG

blogger templates

Penulis : Nurida Ulin Ni’mah*), Herry Suswanti Djarot*), Dwi Wahyuni*)
Keywords: attitudes, knowledge, immunization






Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG EFEK SAMPING IMUNISASI BCG DENGAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI PUSKESMAS NGESREP SEMARANG | Imunisasi atau vaksin merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memberikan kekebalan pada bayi, anak dan balita dalam keadaan sehat. Secara alamiah tubuh juga memiliki pertahanan terhadap berbagai kuman yang masuk. Pada kenyataannya memang banyak penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi masih berperan penting dalam melindungi anak melawan penyakit. Oleh karena itu pemerintah juga mewajibkan para ibu untuk melakukan imunisasi bagi bayinya dengan tujuan mengurangi penyakit tertentu. Orang tua perlu diberitahu bahwa setelah imunisasi dapat timbul reaksi lokal ditempat penyuntikan atau reaksi umum berupa keluhan atau gejala tertentu, tergantung dari jenis vaksinnya. 

Efek samping dari imunisasi umumnya terjadi karena potensi dari vaksin itu sendiri. (Ranuh, I.G.N, dkk. 2008). Masih banyak orang tua yang tidak rutin melakukan imunisasi terhadap bayinya karena takut akan efek samping dari imunisasi tersebut. Pesan yang perlu disampaikan kepada orang tua yaitu: manfaat dari vaksin yang diberikan, tanggal imunisasi dan pentingnya Kartu Menuju Sehat (KMS) disimpan secara aman dan selalu dibawa pada saat imunisasi. Akibat ringan yang dialami setelah diberi imunisasi dan cara mengatasi serta orang tua tidak perlu khawatir. Minimal lima kali kontak untuk menyelesaikan vaksin sebelum hari ulang tahun 1 tahun. Walaupun bayi sakit atau panas ringan karena efek samping dari imunisasi, vaksin aman dan perlu diberikan. (Depkes., 2006).



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG EFEK SAMPING IMUNISASI BCG DENGAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI PUSKESMAS NGESREP SEMARANG"

Powered by Blogger.