JURNAL MANAJEMEN PENGARUH MERCHANDISE, ATMOSFER GERAI DAN PELAYANAN RITEL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA HARDY’S MALL GIANYAR

blogger templates

Penulis : Cokorda Gde Cahaya Putra Trisnu1, I Wayan Santika2
Keywords : merchandise, atmospheric outlets, retail services, impulsive purchases






Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH MERCHANDISE, ATMOSFER GERAI DAN PELAYANAN RITEL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA HARDY’S MALL GIANYAR | Pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat saat ini memicu pertumbuhan industri ritel di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang. Industri ritel merupakan tempat konsumen untuk melakukan pembelian,baik itu terencana maupun tidak terencana. Pembelian terencana adalah perilaku pembelian dimana keputusan pembelian sudah dipertimbangkan sebelum masuk kendalam gerai, sedangkan pembelian tidak terencanan adalah perilaku pembelian tanpa ada pertimbangan sebelumnya. 

Jenis pembelian tidak terencana yang paling sering mendapatkan perhatian adalah pembelian impulsif (impulse buying). Menurut Park dan Choi (2013), pembelian impulsif adalah suatu kegiatan pembelian ditandai dengan pengambilan keputusan yang relatif cepat dan bersifat subjektif dalam kepemilikan langsung dan tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu. Pengambilan keputusan yang relatif cepat membuat konsumen tidak sempat dalam melakukan pertimbangan yang matang terhadap produk yang dibeli.

Herabadi et al. (2009) menyatakan ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya keputusan pembelian impulsif antara lain aspek kognitif dan afektif. Aspek kognitif merupakan keputusan pembelian tidak terencana lebih mengarah kepada sikap konsumen yang cenderung berdasarkan tanpa perencanaan dan kesengajaan daripada mempertimbangkan manfaat dari apa yang mereka beli. Aspek afektif merupakan keputusan pembelian tidak terencana cenderung lebih terlihat pada keputusan pembelian melalui perasaan sukacita, bergairah, tak terkendali, kesenangan dan rangsangan kegembiraan. StudiiyangidilakukaniBellengerietial. dalam Mattilaidan Wirtz (2008)imenyebutkan bahwa jumlah pembelian impulsif yang terjadi dindepartment store di Amerikan Serikat mencapai 27 sampai 62 persen dari seluruh pembelian.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH MERCHANDISE, ATMOSFER GERAI DAN PELAYANAN RITEL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA HARDY’S MALL GIANYAR"

Powered by Blogger.