Penulis : Senti Sihombing
Kata kunci : keterampilan membaca nyaring, media kartu kalimat
Jurnal Penelitian | JURNAL PGSD PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS III SDN TAMPIRKULON I MAGELANG | Menurut Joni (1990) ada pun tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Keterampilan membaca nyaring sebagai salah satu keterampilan berbahasa tulis yang bersifat reseptif perlu dimiliki siswa SD agar mampu berkomunikasi secara tertulis. Oleh karena itu, peranan pengajaran Bahasa Indonesia khususnya pengajaran membaca di SD menjadi sangat penting. Peran tersebut semakin penting bila dikaitkan dengan tuntutan pemilikan kemahirwacanaan dalam abad informasi.
Menurut kenyataan di lapangan kami hampir tidak menggunakan media kartu kalimat termasuk kartu huruf, sehingga perhatian siswa dalam pembelajaran membaca nyaring kurang. Disamping itu pada saat pembelajaran membaca tidak semua siswa mengalami proses membaca, karena kami dituntut mengajarkan minimal dua keterampilan berbahasa, keterampilan membaca nyaring dan keterampilan menulis kadang kami dituntut menjelaskan kosa kata.
Akibatnya pembelajaran membaca nyaring kurang mendapat perhatian seperti pendapat Pelly, 1992 (Haryadi & Zamnari, 1997) menyatakan bahwa pembelajaran membaca nyaring yang dulu merupakan pelajaran dan latihan pokok, kurang mendapat perhatian siswa maupun para guru. Akibatnya pelajaran sebagai salah satu aspek dari pengajaran bahasa Indonesia kurang ditangani secara sungguh-sungguh. Akibatnya kemampuan berbahasa Indonesia para siswa kurang memadai. Dengan menggunakan media kartu kalimat diharapkan perhatian dan motivasi belajar siswa akan meningkat, sehingga keterampilan membaca nyaring pun meningkat.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL PGSD PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS III SDN TAMPIRKULON I MAGELANG"
Post a Comment