JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBELAJARAN SANDI MORSE DAN SANDI SEMAPHORE DALAM BENTUK SIMULASI BERBASIS MULTIMEDIA

blogger templates

Penulis : 1Trianto Juliatmojo, 2Eko Aribowo 
Kata Kunci: Kepramukaan, Sandi Morse, Sandi Semaphore, Pembelajaran,Simulasi





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBELAJARAN SANDI MORSE DAN SANDI SEMAPHORE DALAM BENTUK SIMULASI BERBASIS MULTIMEDIA Gerakan Pramuka Indonesia, merupakan wadah para generasi muda, terutama para siswa dan mahasiswa dalam mengembangkan minat, bakat, keterampilan dan kedisiplinan. Eksistensi gerakan Pramuka bagi generasi muda, terutama bagi para siswa dan mahasiswa secara langsung ataupun tidak memberikan andil yang sangat besar dalam pengembangan bakat, dan minat serta keterampilan dan juga kedisiplinannya. Jika dahulu kala, Pramuka identik dengan kegiatan baris berbaris, maka sekarang Pramuka sudah mulai membentuk image bahwa mereka adalah kelompok pemuda dan pelajar yang belajar untuk mandiri oleh dirinya sendiri.

Format pendidikan Pramuka, sudah selayaknya dicoba diperbaharui dengan sistem yang lebih mengendepankan pengembangan ilmu dan teknologi ketimbang mengembangkan kekuatan fisik semata. Bukan berarti kegiatan-kegiatan rutin latihan ditiadakan, akan tetapi bentuk dan format latihan yang dilakukan disusun sedemikian rupa dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan kemampuan ilmu dan teknologi. Anggota Pramuka tidak boleh gagap teknologi, tetapi harus melek teknologi.

Penyandian Pramuka seperti sandi morse, dan semaphore merupakan contoh bentuk komunikasi digital awal yang disampaikan atas dasar kerahasiaan pesan yang wajib dipelajari oleh anggota Pramuka sebagai Syarat Kecakapan Umum. Sandi morse merupakan penyembunyian kata ke dalam bentuk titik dan garis, dimana setiap abjad dalam alfabet serta angka dan tanda baca, diwakili oleh susunan titik dan garis yang berbeda-beda. Kode morse diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse pada tahun 1835. Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBELAJARAN SANDI MORSE DAN SANDI SEMAPHORE DALAM BENTUK SIMULASI BERBASIS MULTIMEDIA"

Powered by Blogger.