JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013

blogger templates

Penulis : Fitri Umiatun, Annisa Ratna Sari
Kata kunci: Learning Starts With A Question, Keaktifan Belajar Siswa








Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013 | Pendidikan secara normatif memiliki fungsi yang termuat dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 pasal 3 (2003:12-13) yaitu “membentuk manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab”. Dilihat dari sudut pandang proses teknis, pendidikan dapat diwujudkan dalam proses belajar-mengajar yang menimbulkan interaksi diantara dua unsur yaitu siswa dan guru. 

Pembelajaran merupakan proses belajar untuk mengembangkan siswa dalam kehidupannya. Dalam proses pembelajaran, siswa sebagai subjek pokok bukan objek belajar yang selalu dibatasi dan diatur oleh guru. Sebagai subjek dalam pembelajaran, siswa diharuskan aktif agar dapat belajar sesuai dengan bakat dan segala potensi yang dimilikinya. Keaktifan Belajar Siswa dapat diwujudkan baik keaktifan fisik maupun keaktifan mental. 

Interaksi yang baik antara guru dan siswa sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif. Interaksi belajar mengajar dapat dilakukan dengan mengaktifkan siswa menggunakan teknik tanya jawab atau dialog yang interaktif dalam proses pembelajaran. Adanya interaksi multi arah akan membuat pembelajaran lebih bermakna.

Penyelenggaraan proses pendidikan harus dikemas dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan agar dapat meningkatkan minat dan motivasi sehingga menumbuhkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa saat ini telah banyak dikemukakan. Salah satunya adalah metode pembelajaran aktif (Active Learning). Active Learning merupakan model pembelajaran dengan sistem menekankan Keaktifan Belajar Siswa untuk mengalami sendiri, berlatih dan berkegiatan sehingga baik dengan daya pikir, emosional, dan keterampilan belajar yang dimilikinya. Siberman (2011) mengemukakan bahwa model Active Learning ini mempunyai beberapa tujuan yang nantinya menjadi dasar untuk mengklasifikasikan secara sederhana teknik-teknik yang termasuk dalam model ini.




Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013"

Powered by Blogger.