Penulis : Gita Surya Puspita
Keywords: Giving Duties, Interests Learning, Learning Achievement in Accounting.
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMA NEGERI I PLERET | Perkembangan zaman yang semakin modern terutama di era globalisasi saat ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam menguasai, memanfaatkan, menciptakan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih menuju terwujudnya bangsa Indonesia yang maju, mandiri, dan sejahtera. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pembangunan nasional khususnya di bidang pendidikan. Melalui pendidikan peserta didik diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensinya untuk menjadi lebih baik.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Sekolah menengah adalah jenjang pendidikan menengah setelah sekolah menengah tingkat pertama. Tingkat ini terdiri dari 3 kelas (kelas X sampai XII) dan setelah selesai, pelajar dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Pendidikan umum untuk tingkat lanjutan atas diselenggarakan oleh SMA (Sekolah Menengah Atas). SMA N I Pleret merupakan SMA yang terletak di Kedaton, Pleret, Pleret Bantul, Yogyakarta.
SMA N I Pleret mempunyai visi “Cerdas dalam imtaq, iptek, seni, budaya, dan olahraga” dan mempunyai misi. Salah satu usaha yang digunakan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut adalah dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2009: 102) menyebutkan bahwa “Prestasi belajar (achievement) merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang”. Prestasi belajar yang perlu ditingkatkan prestasi belajar pada semua bidang. Termasuk Prestasi Belajar Akuntansi. Prestasi Belajar Akuntansi adalah tingkat pengetahuan dan kemampuan peserta didik untuk menyerap, memahami, dan mengimplementasikan ilmu akuntansi yang diterima selama mengikuti proses belajar disekolah yang dapat dilihat dari hasil tes yang dinyatakan dalam angka. Dalam pencapaian prestasi belajar, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
Prestasi Belajar Akuntansi yang tinggi khususnya di SMA Negeri I Pleret merupakan dambaan semua pihak, baik pribadi siswa, orang tua maupun pihak sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari hasil observasi di SMA Negeri I Pleret khususnya kelas XI Jurusan IPS diketahui bahwa Prestasi Belajar Akuntansi siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih adanya 21 dari total seluruh siswa yang berjumlah 60 orang atau sebesar 35% siswa prestasi belajarnya masih rendah atau belum memenuhi batas tuntas, sehingga siswa harus mengikuti remidial sampai siswa tersebut mampu mencapai batas tuntas (KKM) yang telah ditentukan. Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2010: 107) “Prestasi belajar dikatakan baik apabila 75% bahan pelajaran yang diajarkan oleh guru dapat dikuasai oleh siswa”
Silahkan Download Disini:
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMA NEGERI I PLERET"
Post a Comment