Penulis : Ni Putu Dessy Ari Apriliani1, I Gusti Ayu Ketut Giantari2
Keywords: store atmosphere, location, re-purchase intention of consumers.
Jurnal Penelitian | JURNAL MANAJEMEN PENGARUH SUASANA TOKO DAN LOKASI TERHADAP NIAT BELI ULANG KONSUMEN DI MINIMARKET SEKAWAN TABANAN Pada umumnya perilaku konsumen mempunyai kesamaan karakter dalam memilih suatu barang yang diinginkan. Berdasarkan sumber Bain & Company (2014) yang memperkirakan 30 persen pertumbuhan ritel dunia pada tahun 2017 berasal dari negara-negara berkembang di Asia. Banyaknya jumlah penduduk dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang sehat, serta meningkatnya penduduk kelas menengah atas yang bermigrasi ke kota mendukung distribusi dan perdagangan modern. Menurut Almi (2012) konsumen termotivasi dalam belanja karena ada unsur dorongan kebutuhan yang muncul (motivasi).
Perkembangan dan persaingan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan jasa juga sudah semakin meningkat. Dalam situasi ini seorang pemimpin dituntut untuk mampu mengelola perusahaannya agar kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berubah-ubah dapat terpenuhi dan tujuan perusahaan tercapai dengan baik. Salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan penjualan produknya agar tercapai laba yang diinginkan. Doherty dan Fiona (2010) menyatakan setidaknya dalam waktu dekat pengecer akan terus mempertahankan posisinya dalam menguasai pangsa pasar. Persaingan yang ketat di pasar ritel dalam beberapa tahun terakhir, mengharuskan pengecer untuk menggunakan strategi yang tepat guna mempertahankan dan menarik pelanggan yang tepat.
Tantangan yang mesti dihadapi sektor ritel misalnya pertumbuhan dari faktor ekonomi, sosial buday.a, da.n demografi. Secara tidak langsung hal tersebut menuntut perusahaan untuk mengembangkan retailing mix yang terdiri dari merchandise assortment, pricing, location, atmosphere, advertising and promotion dan personal selling (Levy & Weitz, 2001: 22). Hal ini dilakukan untuk menunjang pemasaran yang kreatif dan inovatif serta mampu menarik niat konsumen. Atmosfir toko merupakan suatu bagian dari suasana dan tata letak suatu toko yang sangat penting dalam menarik calon konsumen. Desain suasana toko harus memberi stimuli yang dapat menarik pengunjung agar dapat memutuskan toko mana yang akan dikunjungi (Kusumowidagdo, 2010).
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MANAJEMEN PENGARUH SUASANA TOKO DAN LOKASI TERHADAP NIAT BELI ULANG KONSUMEN DI MINIMARKET SEKAWAN TABANAN"
Post a Comment