Penulis : Eti Yuniarti
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, STAD, Media flannelgraph, Motivasi Belajar Akuntansi.
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA FLANNELGRAPH | Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakatnya. Di era globalisasi ini, pendidikan harus diarahkan dengan tujuan pembentukkan manusia yang tanggap terhadap lingkungan serta peka terhadap perubahan dan perkembangan jaman. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila ada kerja sama antara pemerintah, masyarakat, serta pelaku pendidikan.
Keberhasilan pendidikan di dalam mencapai tujuannya tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah karena proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Pendidikan dapat diperoleh dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja yang ingin menuntut ilmu baik melalui pendidikan formal, informal maupun non formal serta dapat melalui radio, internet, televisi, media cetak dan media lain.
Guru sebagai salah satu komponen dalam proses flannelgraph, pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu cara agar keberhasilan proses pembelajaran tercapai yaitu dengan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat serta penggunaan media yang melibatkan siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2012 di kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Depok, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akuntansi belum optimal. Dari 32 siswa di kelas, 3 siswa yang memiliki motivasi diatas kriteria yang ditentukan dan sisanya sebesar 29 siswa yang memiliki motivasi belajarnya belum optimal atau dikategorikan masih rendah.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA FLANNELGRAPH"
Post a Comment