JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA

blogger templates

Penulis : Safania Wulandari
Key words: Question Student Have, Learning Motivation, Learning Activity






Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA Peradaban manusia yang makin maju, membawa banyak perubahan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Hal ini menuntut seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi melalui peningkatan potensi dan kualitas dirinya. Salah satu upaya yaitu melalui pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu sarana yang dapat meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan tidak dapat dilepaskan dari proses belajar dan mengajar. Proses belajar mengajar selalu diikuti oleh adanya interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa. Berkaitan dengan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa belajar merupakan proses memperoleh pengetahuan, perubahan tingkah laku/sikap, dan juga untuk memperoleh keterampilan melalui pengalaman yang didapat selama proses pembelajaran.

Guru memiliki peran penting terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Guru harus membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu dengan melihat kebutuhan siswa. Pemilihan metode mengajar harus diperhatikan dan disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Menurut Iskandar (2009: 184), motivasi diperlukan dalam kegiatan belajar karena seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Berdasarkan pernyataan tersebut, menunjukkan bahwa dari Motivasi dan Aktivitas Belajar sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang dialami siswa. Siswa harus memiliki motivasi belajar yang tinggi, sehingga mendorongnya belajar demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Siswa ditempatkan sebagai subjek belajar, sehingga pembelajaran lebih berorientasi pada aktivitas siswa (Wina Sanjaya. 2010: 135). Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam proses belajar siswa yang lebih banyak melakukan aktivitas belajar. Data hasil angket yang diambil tanggal 16 November 2012 menunjukkan bahwa Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XII Administrasi Perkantoran (XII AP) masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari skor persentase keseluruhan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII AP sebesar 69,89%, sedangkan skor persentase keseluruhan Aktivitas Belajar Akuntansi kelas XII AP sebesar 69,44%.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENERAPAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA"

Powered by Blogger.