Kata kunci: kesalahan, soal cerita, pembelajaran matematika, pecahan, pembilang,pembagian
Jurnal Penelitian | JURNAL KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA | Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 mengisyaratkan bahwa matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang telah berkembang amat pesat, baik materi maupun kegunaannya (Mendikbud, 1993). Dalam hal ini, matematika yang diajarkan di sekolah adalah bagian-bagian matematika yang dipilih yang berguna untuk menumbuhkembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi-pribadi siswa dengan bertumpu kepada perkembangan anak. Salah satu tujuan diberikannya mata pelajaran matematika di sekolah dasar (SD) adalah agar para siswa dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi dari tujuan tersebut ialah diberikannya soal mate matika yang bersifat pemecahan masalah (problem solving).Soal-soal semacam itu,dalam pelajaran matematika di SD disebut sebagai soal cerita.Soal cerita menjadi sangat penting ditekankan pada pembelajaran matematika di SD karena dalam tingkatan lebih tinggi semua aplikasi matematika dalam bidang lain selalu melibatkan pemodelan matematika (dalam tingkatan rendah disebut kalimat matematika). Penguasaan pembuatan model matematika dalam pemecahan masalah sangat penting karena sebenarnya(Hillier & Lieberman, 1986: 19). Jadi, Matematik itu merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari.(problem solving).“models, or idealized representations, are an integral part of everyday life”
Silahkan Download Disini : JURNAL KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
0 Response to "JURNAL KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA"
Post a Comment