Penulis : Gandes Aknissholikah
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, TAI, Motivasi Belajar Akuntansi.
Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSIP | Pendidikan merupakan suatu cara untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas guna mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional. Proses pendidikan terjadi apabila ada interaksi antar komponen pendidikan, artinya saling berhubungan secara fungsional dalam kesatuan terpadu. Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri.
Menurut Slameto (2010: 2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.Keberhasilan belajar siswa diwujudkan dalam bentuk nilai. Dalam mendapatkan nilai tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi adalah motivasi belajar siswa dan model mengajar guru.
Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena peserta didik akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi tinggi (Mulyasa, 2007: 174).
Dengan demikian, guru dituntut menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu yang dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa khususnyadalam mendiskripsikan administrasi dana kas kecil pada mata pelajaran akuntansi.
Model mengajar guru merupakan cara guru dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik agar peserta didik dapat memahami dan meresapi materi pelajaran yang disampaikan guru. Model mengajar guru yang menimbulkan siswa pasif atau tidak melakukan banyak aktivitas dan menimbulkan kejenuhan untuk belajar dalam proses pembelajaran, seperti metode ceramah akan menyulitkan guru dalam membangkitkan motivasi siswa. Menurut
Muhibbin Syah (2010: 165), kejenuhan belajar dapat melanda siswa apabila siswa telah kehilangan motivasi belajarnya. Dalam menciptakan proses pembelajaran yang baru dan tidak monoton diperlukan adanya sebuah model pembelajaran yang menerapkan perpaduan siswa dan guru serta memberikan motivasi pada siswa untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning).Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen (Rusman, 2010: 202).TAI merupakan salah satu pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif TAI ini sering pula dimaknai sebagai Team Assisted Individualization.
Silahkan Download Disini : JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI"
Post a Comment