Penulis : Eko Julianto
Keywords: engineering drawing achievement,Manual drawing practice, CAD
Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK MESIN HUBUNGAN PRESTASI MEMBACA GAMBAR DAN PRAKTIK MENGGAMBAR MANUAL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN CAD | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang berorientasi pada output yang memiliki keterampilan sehingga siswa siap untuk bekerja setelah lulus. SMK menerapkan pembelajaran dengan porsi praktik diberikan lebih banyak daripada teori agar tujuan untuk menjadikan lulusannya memiliki keterampilan dan siap bekerja bisa tercapai dengan baik.Pada praktik pemesinan di bengkel, siswa harus mampu membaca gambar teknik dalam jobsheet karena berisi petunjuk pekerjaan.
Berdasar hasil observasi di SMK N 3 Yogyakarta pada saat praktik pemesinan diketahui siswa masih banyak bertanya pada guru sehingga waktu terbuang sia-sia. Hal itu terjadi karena siswa belum mampu membaca gambar kerja dengan baik atau prestasi membaca gambar siswa masih kurang. Prestasi berasal dari bahasa belanda prestatie yang berarti hasil kerja (Zainal Arifin,2011: 12).
Berdasarkan pernyataan tersebut maka prestasi siswa adalah hasil kerja siswa yang dimiliki siswa. CAD adalah perangakat lunak yang sangat membantu dalam pembuatan gambar baik dalam bentuk dua ataupun tiga dimensi (Yap Wie, 1987: 2).
Dari pengertian tersebut maka mata pelajaran CAD memiliki salah satu fungsi untuk belajar membuat gambar kerja.Pada hasil observasi yang menunjukan kondisi praktik pemesinan siswa kurang efisien menunjukkan prestasi mata pelajaran CAD perluada peningkatan agar efisiensi praktik lebih baik. Efisiensi adalah pekerjaan yang dilakukan dengan waktu yang hemat (Rinanto Roesman, 1988: 2).
Dari beberapa pernyataan diatas harapannya adalah apabila prestasi mata pelajaran CAD baik maka kemampuan siswa dalam membaca gambar kerja juga akan semakin baik sehingga praktik di bengkel pemesinan akan lebih efisien.Prestasi mata pelajaran CAD dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemampuan membaca gambar dan kemampuan praktik menggambar manual diperkirakan sangat berpengaruh terhadap prestasi pelajaran CAD.
Membaca adalah suatu keterampilan yang berkaitan erat dengan keterampilan dasar terpenting pada manusia dalam berbahasa, sehingga dengan berbahasa manusia dapat berkomunikasi dengan baik dengan manusia lainnya (Suwaryono Wiryodijoyo, 1989: 1).
Sedangkan gambar teknik adalah bahasa teknik dimana seorang perencana memindahkan gagasan ke dalam bentuk gambar sebagai petunjuk untuk membuat benda kerja (H. Van Den Berg dan H.H. Gijzels, 1979: 1).
Jadi dari dua pengertian tersebut membaca gambar teknik adalah kegiatan mengartikan atau menterjemahkan ide-ide dan tanda pengerjaan dalam bentuk gambar sehingga mampu mengerti maksud dan perintah yang ada pada gambar teknik.
Silahkan Download Disini : JURNAL TEKNIK MESIN HUBUNGAN PRESTASI MEMBACA GAMBAR DAN PRAKTIK MENGGAMBAR MANUAL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN CAD
0 Response to "JURNAL TEKNIK MESIN HUBUNGAN PRESTASI MEMBACA GAMBAR DAN PRAKTIK MENGGAMBAR MANUAL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN CAD"
Post a Comment