JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI REFERENTIAL INTEGRITY CONSTRAINT PADA MICROSOFT ACCESS DALAM UPAYA MEMELIHARA KONSISTENSI DATA

blogger templates

Penulis : Oviliani Yenty Yuliana
Keywords: modification anomaly, normalization, referential integrity constraint, relationship cardinality constrain.





Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI REFERENTIAL INTEGRITY CONSTRAINT PADA MICROSOFT ACCESS DALAM UPAYA MEMELIHARA KONSISTENSI DATA | Data merupakan salah satu asset perusahaan yang harus dijaga dan dipelihara, karena data merupakan sumber informasi bagi perusahaan untuk merencanakan, mengawasi, dan mengendalikan aktivitas perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Data yang salah, tidak konsisten, dan tidak akurat dapat menyajikan informasi yang salah. Salah satu faktor penyebab kesalahan data adalah struktur relation yang tidak memenuhi aturan normalisasi.

Kroenke berpendapat: “Unfortunately, not all relations are equally desirable. A table that meets the minimum definition of a relation may not have an effective or appropriate structure. For some relations, changing the data can have undesirable consequences, called modification anomalies. Anomalies can be eliminated by redefining the relation into two or more.

Tidak semua relation sudah dalam keadaan layak. Relation yang dibentuk tanpa memperhatikan ketentuan normalisasi akan menghasilkan relation yang tidak efektif atau struktur relation yang tidak layak. Jika data pada relation tersebut diubah, akan mengakibatkan sesuatu yang tidak diharapkan, disebut modification anomalies.

Anomali dapat dibatasi dengan membentuk kembali relation ke dalam 2 atau lebih relation dengan memperhatikan aturan normalisasi, sehingga relation yang terbentuk diharapkan lebih baik.

Relation dalam bentuk normal kedua, kemungkinan masih ditemukan anomaly. Ketentuan bentuk normal ketiga adalah tidak boleh ada non key attribute yang tergantung pada non key attribute lainnya.



0 Response to "JURNAL AKUNTANSI IMPLEMENTASI REFERENTIAL INTEGRITY CONSTRAINT PADA MICROSOFT ACCESS DALAM UPAYA MEMELIHARA KONSISTENSI DATA"

Powered by Blogger.