JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PRINSIP KERJA KRIPTOGRAFI DALAM MENGAMANKAN INFORMASI

blogger templates

Penulis : Dian Wirdasari
Kata Kunci: Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi




Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PRINSIP KERJA KRIPTOGRAFI DALAM MENGAMANKAN INFORMASI | Seorang pengirim pesan (sender) adalah orang yang ingin mengirim pesan kepada seorang penerima (receiver). Pengirim menginginkan pesan dapat dikirim secara aman, yaitu ia yakin bahwa tidak ada pihak lain yang dapat membaca isi pesan. Pesan adalah data atau informasi yang dapat dibaca dan dimengerti maknanya. Nama lain untuk pesan adalah plainteks (plaintext) atau teks-jelas (cleartext). 

Pesan dapat berupa data atau informasi yang dikirim (melalui kurir, saluran komunikasi data, dsb) atau yang disimpan di dalam media perekaman (kertas, storage, dsb). Agar pesan tidak dapat dimengerti maknanya oleh pihak lain, maka pesan disandikan ke bentuk lain. 

Bentuk pesan yang tersandi disebut cipherteks.Definisi lama: kriptografi adalah ilmu sekaligus seni untuk menjaga keamanan pesan (message) dengan cara menyandikannya ke dalam bentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya. Kriptografi adalah ilmu sekaligus seni untuk menjaga keamanan pesan (message) [Schneier, 1996]. Kata cryptography berasal dari kata Yunani yaitu ”kryptos” yang artinya tersembunyi dan ”graphein” yang berarti menulis.

Enkripsi dan Dekripsi pada umumnya membutuhkan penggunaan sejumlah informasi rahasia, disebut sebagai kunci. Kunci adalah parameter yang digunakan untuk transformasi enciphering dan deciphering. Jika kekuatan kriptografi ditentukan dengan menjaga kerahasiaan algoritmanya, maka algoritma kriptografinya dinamakan algoritma restricted. Algoritma resricted tidak cocok lagi saat ini. Kriptografi modern mengatasi masalah ini dengan menggunakan kunci.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PRINSIP KERJA KRIPTOGRAFI DALAM MENGAMANKAN INFORMASI"

Powered by Blogger.