JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN DISTRIBUSI TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KAWASAN KARS GUNUNGSEWU KABUPATEN GUNUNGKIDUL PADA DUA KARAKTER MULUT GUA

blogger templates

Penulis : Anggraini Puspa Wardhani, Ratnawati, M. Sc, Djuwanto, M.S
Key word: Species diversity, Fern (Pteridophyte), Cave mouth characteristics, Kars’s cave, Gunungsewu





Jurnal Penelitian | JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN DISTRIBUSI TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KAWASAN KARS GUNUNGSEWU KABUPATEN GUNUNGKIDUL PADA DUA KARAKTER MULUT GUA | Gunungsewu merupakan salah satu wilayah kars yang unik. Salah satu keunikannya yaitu terdapat gua-gua kars. Kawasan gua mempunyai banyak potensi, salah satunya ilmu pengetahuan tetapi belum maksimal khususnya dalam bidang biologi. matahari yang rendah dan tanah berupa kapur. Daerah endokars merupakan bagian dari kawasan kars yang dapat dikatakan sebagai daerah terlembab dibanding daerah eksokars karena cahaya matahari rata-rata hanya mencapai mulut gua. Kondisi mulut gua terkait dengan faktor lingkungan di sekitar mulut gua yaitu klimatik dan edafik. Hal ini yang menjadi dasar adanya karakter lembab dan kering pada mulut gua. Keadaan ini yang menyebabkan sering ditemukannya berbagai macam tumbuhan, salah satu contoh jenis tumbuhan yang sering dijumpai hidup di mulut gua adalah tumbuhan paku terutama pada bagian mulut gua yang masih mendapat pancaran sinar matahari. eksploratif yang dimaksudkan untuk mengetahui jenis-jenis, dominansi, distribusi dan keanekaragaman tumbuhan paku antar karakter mulut gua di kawasan kars Gunungsewu Kabupaten Gunungkidul. Karakter mulut gua dibagi menjadi mulut gua lembab dan kering berdasarkan kondisi lingkungan klimatik di mulut gua, sehingga dari perbedaan tersebut akhirnya diharapkan menjawab hubungan keanekaragaman jenis tumbuhan paku terhadap karakter masing-masing mulut gua kars.

B. Kajian Teori

masih mendapatkan cahaya matahari dan kondisi lingkungannya masih sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan luar gua. Kondisi iklim mikro di mulut gua masih sangat dipengaruhi oleh perubahan kondisi di luar gua (Cahyo Rahmadi, 2008).area. Indeks keanekaragaman adalah suatu penggambaran secara matematik untuk mempermudah dalam menganalisis informasi tentang jumlah individu dan spesies organisme serta beberapa banyak jumlah jenis yang ada dalam suatu area. atau bulu. Disebut demikian karena tumbuhan paku memiliki susunan daun yang umumnya membentuk bangun sayap (menyirip) dan pada bagian puncaknya terdapat bulu-bulu. Tumbuhan paku merupakan kormus yang menghasilkan spora. Divisi Pteridophtya anggotanya telah jelas mempunyai kormus, artinya tubuhnya dengan nyata dapat dibedakan dalam tiga bagian pokoknya, yaitu akar, batang dan daun. Namun demikian, pada tumbuhan paku belum dihasilkan biji (Gembong Tjitrosoepomo, 1993: 219).

Lingkungan gua mempunyai tingkat endemisme tinggi yaitu kelembaban tinggi, cahaya Berdasarkan permasalahan yang muncul, peneliti melakukan penelitian deskriptif Mulut gua merupakan daerah yang menghubungkan luar gua dengan lingkungan gua, 

Menurut Odum (1994), keanekaragaman adalah jumlah jenis yang terdapat dalam suatu Tumbuhan paku (Pteridophyta) dari Bahasa Yunani yaitu pteron yang artinya sayap C. Metode Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif dengan metode observasi. Penentuan lokasi dilakukan dengan teknik purposive sampling yang mengambil lokasi di 4 mulut gua kawasan kars Gunungsewu Kabupaten Gunungkidul yaitu Gua Semuluh dan Lawa sebagai mulut gua berkarakter lembab, sedangkan Gua Seropan dan Jlamprong sebagai mulut gua berkarakter kering. Penentuan wilayah mulut gua juga dilakukan dengan purposive sampling yaitu sekitar ≤ 3 meter dari liang gua. Tiap mulut gua berbeda ukuran dan jumlah plotnya. Melakukan pengukuran kondisi klimatik yaitu intensitas cahaya, suhu udara, dan kelembaban udara relatif serta melakukan pengamatan, dokumentasi, penghitungan jumlah jenis, jumlah individu tiap jenis pada setiap plot.



0 Response to "JURNAL BIOLOGI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN DISTRIBUSI TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KAWASAN KARS GUNUNGSEWU KABUPATEN GUNUNGKIDUL PADA DUA KARAKTER MULUT GUA"

Powered by Blogger.