JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

blogger templates

Penulis : Jemmi Andrian Matutina (1), Prof. Dr. Rusgianto H. S (2)
Keywords: development, instructional materials, student worksheets, algebraic form, contextual approach









Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII | Program pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari upaya pengembangan sumber daya manusia yang berpotensi, kritis, berkualitas dan mampu bersaing dalam era teknologi yang akan datang khususnya dalam pendidikan karena salah satu faktor utama penentu kemajuan di suatu bangsa adalah pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan dan pengembangan dalam pembelajaran di sekolah. Pembinaan dan pengembangan pendidikan diawali di bangku sekolah dimana siswa dibina untuk mengembangkan suatu kemampuan, keahlian dan keterampilan yang dimilikinya, untuk menguasai suatu konsep dari mata pelajaran yang ditekuninya di sekolah atau lebih khususnya lagi menguasai keterampilan dan konsep dalam mata pelajaran matematika. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah tingkat tinggi. 

Menurut Widiharto (2004: 1) tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah untuk membentuk kemampuan pada diri siswa melalui kemampuan berpikir kritis, logis, sistematis, dan memiliki sifat obyektif, jujur, dan disiplin dalam memecahkan permasalahan baik dalam bidang matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, dalam proses pembelajaran matematika terdapat banyak permasalahan, salah satunya adalah kesulitan siswa dalam belajar matematika itu sendiri. 

Proses pembelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan sangat penting maka dibutuhkan peran guru dalam mewujudkan terlaksananya proses pembelajaran yang menyenangkan dan tercapainya tujuan pembelajaran matematika tersebut. Dari penelitian Rudhito (2006: 25) ditemukan bahwa guru masih mengalami banyak kesulitan dalam mengajukan masalah kontekstual karena sumber-sumber buku yang ada juga belum banyak mendukung pendekatan pembelajaran kontekstual ini.

Banyak guru yang tidak sempat untuk menulis materi pelengkap sehingga mereka hanya berpijak pada buku teks pelajaran (Maman Suryaman, 2009: 8). Menurut Depdiknas (2008 : 18), salah satu kelemahan buku teks jika dilihat dari strukturnya adalah tidak adanya komponen petunjuk belajar, informasi pendukung dan langkah kerja penyelesaian soal sehingga dalam penggunaannya, pemakaian buku teks hanyamemungkinkan komunikasi satu arah yang berakibat pada kurangnya kesempatan siswa untuk mengembangkan pola pikir dan pembentukan konsep sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan bahan ajar selain buku teks pelajaran.

Dalam pengembangkan bahan ajar, terdapat sejumlah alasan yakni antara lain ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Pengembangan bahan ajar haruslah sesuai dengan tuntutan kurikulum artinya bahan ajar yang kita kembangkan harus sesuai dengan kurikulum sekarang (KTSP). Selain itu, pengembangan bahan ajar diperlukan agar mampu menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan dalam belajar terutama dalam matematika karena berdasarkan laporan hasil UN oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) presentase (daya serap) penguasaan siswa-siswi SMP dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta penggunaannya dalam penyelesaian masalah adalah sebesar 65,61% untuk kota Yogyakarta dan 57,77% untuk Provinsi DIY pada tahun 2012. Hasil itu lebih kecil dari pemahaman pada tingkat nasional sebesar 76,46%.


Silahkan Download Disini : 

0 Response to "JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII"

Powered by Blogger.