Penulis : 1)Nanang Budi Nugroho 2)Hartono
Key Words : Lesson Plan, Worksheet, development, problem based learning, set
Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN RPP DAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII | Perkembangan zaman menuntut adanya upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini sejalan dengan terus dikembangkannya kurikulum pendidikan di Indonesia. Menurut Rusman (2008: 471), kurikulum merupakan seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia.
KTSP mempunyai tujuan yang salah satunya adalah memberikan kesempatan bagi peserta didik agar dapat belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dengan demikian KTSP menuntut agar sekolah dapat mengembangkan dan meningkatkan setiap proses pembelajaran secara aktif dan mandiri termasuk didalamnya pembelajaran matematika.
Di dalam pembelajaran matematika, siswa sebaiknya dibiasakan untuk mendapatkan pemahaman melalui pengalaman atau dengan kata lain siswa menemukan sendiri konsep dari setiap materi matematika yang diajarkan. Dengan adanya hal tersebut, guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, metode dan media pembelajaran yang banyak melibatkan siswa baik secara mental, fisik maupun sosial sehingga dapat tercipta pembelajaran aktif, kreatif dan mandiri. Terkait dengan menciptakan pembelajaran matematika yang aktif dan kreatif serta mandiri, kehadiran perangkat pembelajaran sangat penting sebagai pendukung proses pembelajaran yang dilakukan.
Salah satu perangkat pembelajaran yang harus ada pada setiap pembelajaran adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP disusun supaya guru mempunyai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, RPP disusun dengan tujuan agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara sistematis, efektif, menyenangkan dan dapat membuat siswa merasa terangsang dalam mengikuti pembelajaran.
Guru dalam menyusun RPP harus memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP yang antara lain adalah perbedaan peserta didik, mendorong partisipasi aktif peserta didik dan mengembangkan budaya membaca serta menulis (Permendiknas nomor 41 tahun 2007). Akan tetapi, pada kenyataannya guru sering mengabaikan hal tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan suatu pengembangan RPP sehingga dapat membantu proses pembelajaran berjalan lebih baik.
Agar dapat tercipta pembelajaran yang baik, guru harus memberikan kesempatan bagi siswa untuk berperan aktif dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Salah satu alternatifnya adalah dengan penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS). LKS menyajikan materi secara ringkas dan sistematis sehingga siswa dapat dengan mudah mengkontruksi informasi-informasi yang disampaikan. LKS juga dapat digunakan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri melalui pemecahan masalah yang ada didalamnya. Selain itu, LKS juga menyediakan persoalan yang beragam sehingga dapat meningkatkan pengalaman siswa untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan.
Pada saat ini, LKS yang digunakan dalam pembelajaran masih terdapat banyak kekurangkan. Kebanyakan LKS hanya menekankan pada rumus tanpa menunjukkan cara penemuan rumus tersebut. LKS yang ada juga tidak memberikan kesempatan siswa untuk dapat menemukan konsep dari suatu materi secara mandiri sehingga terkesan LKS adalah suatu ringkasan materi dan kumpulan soal. LKS yang seperti ini akan dapat mengurangi kompetensi siswa dalam menalar atau menafsirkan suatu permasalahan. Oleh karena itu juga perlu dikembangkan LKS yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN RPP DAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII"
Post a Comment