Penulis : Muhammad Faisal Fahrurozi 1) , Dr. H. Jailani 2)
Keywords: STAD cooperative learning, TAI cooperative learning, students’ achievement, students’ motivation.
Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA KEEFEKTIFAN STAD DAN TAI PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SMP Belajar sebagai komponen penting dalam pembelajaran perlu mendapatkan perhatian yang serius, karena keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh keberhasilan seseorang dalam belajar. Keberhasilan pembelajaran di sekolah akan terwujud dari keberhasilan belajar siswanya.
Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor di dalamnya. Faktor-faktor tersebut dapat datang dari dalam individu maupun luar individu. Faktor dari dalam individu meliputi faktor fisik dan faktor psikis, diantaranya adalah motivasi.
Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 menegaskan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan interaktif, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa.
Namun yang terjadi dalam beberapa sekolah bahwa pembelajaran yang terjadi masih belum sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005, di mana siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru dan mencatat apa yang dituliskan guru di papan tulis. Sehingga dalam pembelajaran matematika, mtivasi, kreativitas, dan kemandirian siswa tidak terlihat, dengan kata lain, siswa pasif. Guru kurang memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Kurang terlibatnya siswa dalam pembelajaran tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Berdasarkan observasi peneliti di sekolah yang dilakukan pada bulan November-Desember tahun 2012, permasalahan belajar seperti yang diungkapkan tersebut terjadi pada siswa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan daya serap matematika pada materi bangun ruang sisi datar yang rendah yang mengakibatkan pencapaian nilai matematika menjadi rendah, terutama dalam materi bangun ruang sisi datar.
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL MATEMATIKA KEEFEKTIFAN STAD DAN TAI PADA BANGUN RUANG SISI DATAR DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SMP"
Post a Comment