JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI - PEBLIK ELGAMAL UNTUK KEAMANAN PENGIRIM EMAIL

blogger templates

Penulis : M. Syaiful Rizal
Keyword : cryptography, email, ElGamal, Man in The Middle, public network







Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI - PEBLIK ELGAMAL UNTUK KEAMANAN PENGIRIM EMAIL Kehidupan kita saat ini dilingkupi oleh kriptografi. Mulai dari transaksi di mesin ATM, percakapan melalui telpon genggam, mengakses Internet, sampai mengaktifkan peluru kendalipun menggunakan kriptografi. Begitu pentingnya kriptografi untuk keamanan Informasi ( Information Security ), sehingga jika berbicara mengenai masalah keamanan yang berkaitan dengan penggunaan computer, maka tidak akan bisa dipisahkan dari dengan kriptografi.

Kriptografi juga digunakan dalam proses pengiriman Email. Jika sebuah email dikirim melewati jaringan public maka tingkat keamanannya sangat beresiko. Teknik – teknik pencurian informasi dari sebuah email ini semakin canggih dari hari ke hari. Salah satunya adalah konsep Man – In – The Middle. Penggunaan Kriptografi akan sangat membantu memberikan keamanan informasi email kita. Walaupun attacker atau Man – In – the Middle berhasil mendapatkan teks yang kita kirim namun tidak bisa mendapatkan informasi apapun karena teks yang didapat sudah ter-enkripsi sebelumnya. 

Chiperteks yang didapat hanya bisa dibuka oleh pihak yang memiliki kunci private ( kunci untuk dekripsi ). Salah satu algoritma yang digunakan untuk Enkripsi dan dibahas dalam proyek akhir ini adalah algoritma ElGamal. Algoritma ini menekankan pada permasalahan Algoritma Dengan permasalahan tersebut maka diskrit. chiperteks hasil enkripsi ElGamal akan sangat sulit di kriptanalis. 

Matematika diskrit yang dimaksud dalam kriptografi El gamal adalah, mencari sebuah bilangan pangkat ( x ), pada sebuah bilangan bulat (g). Dimana bilangan tersebut kongkruen dengan bilangan bulat lainnya (y) jika di mod dengan bilangan p (bilangan prima) . kerumitannya terletak pada masalah diskrit karena melibatkan bilangan prima p sebagai variabel modulo dan x adalah bilangan yang dicari berupa bilangan pangkat. 

Dengan proyek akhir ini diharapkan dapat membantu memberikan keamanan pada pengiriman email. Sehingga informasi yang penting butuh waktu lama dan sulit untuk dipecahkan, walapun fisik dari chipertext berhasil didapatkan oleh kriptanalis.




0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI - PEBLIK ELGAMAL UNTUK KEAMANAN PENGIRIM EMAIL"

Powered by Blogger.