JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA DAN METODE LSB

blogger templates

Penulis : Rian Arifin 1) dan Lucky Tri Oktoviana 2)
Kata kunci : Cryptography, Steganography, RSA, LSB, Message


Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA DAN METODE LSB Perkembangan teknologi mempermudah orang berkomunikasi, bentuk komunikasi yang sering digunakan adalah mengirim dan menerima pesan. Seiring berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga kejahatan terhadap keamanan pesan yang dikirim.Salah satu cara menghindari kejahatan terhadap suatu pesan adalah dengan menyembunyikan pesan ke dalam suatu pesan lain. Teknik ini disebut dengan teknik steganografi. Steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia di dalam pesan lain sehingga keberadaan pesan rahasia tersebut tidak dapat diketahui (Munir, 2006:301). 

Metode steganografi yang sederhana dan mudah diimplementasikan adalah metode LSB (Least Significant Bit). Kelemahan dari metode LSB adalah pesan rahasia yang disisipkan dapat dengan mudah diambil dengan menggunakan metode LSB. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyandikan pesan rahasia sebelum disisipkan menggunakan metode LSB, teknik ini disebut dengan kriptografi. Definisi kriptografi (Menezez, dkk. 1997:4), yang artinya adalah kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data serta otentikasi. Algoritma kriptografi yang paling populer adalah algoritma RSA. Algoritma RSA terdiri dari algoritma enkripsi dan algoritma dekripsi. Algoritma enkripsi RSA untuk menyandikan pesan rahasia menjadi bentuk yang tidak dimengerti maknanya. Algoritma dekripsi RSA untuk mengembalikan hasil penyandian menjadi pesan rahasia yang sebenarnya.

Dari penjelasan diatas maka dibuat program dan mengimplementasikan untuk meningkatkan keamanan pesan rahasia menggunakan teknik kriptografi dan steganografi. Pesan rahasia berupa teks disandikan menggunakan algoritma enkripsi RSA dan disisipkan ke dalam file gambar bitmap 24-bit menggunakan metode LSB untuk proses menyisipkan pesan rahasia. Pesan rahasia diambil dari file gambar bitmap 24-bit menggunakan metode LSB dan pesan rahasia tersebut didekripsi menggunakan algoritma dekripsi RSA untuk proses membaca pesan rahasia. Algorima kriptografi RSA terdiri dari algoritma enkripsi RSA dan algoritma dekripsi RSA.


0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA DAN METODE LSB"

Powered by Blogger.