JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KLASIK KE DALAM BAHASA PEMROGRAMAN PHP

blogger templates

Penulis : Asih Winantu
Keywords: Cryptography, The Classical System, Cipher










Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KLASIK KE DALAM BAHASA PEMROGRAMAN PHP | Masalah keamanan (security) pada komputer menjadi isu penting pada era teknologi informasi saat ini. Banyak kejahatan cyber yang pernah kita dengar dari media massa(terutama kita baca beritanya didalam portal berita di internet). Kriptografi merupakan dasar untuk memahami keamanan pada komputer. Begitu pentingnya kriptografi untuk keamanan informasi, sehingga jika berbicara mengenai masalah keamanan yang berkaitan dengan penggunaan komputer, maka orang tidak bisa memisahkannya dengan kriptografi.

Kriptografi merupakan seni dan ilmu menyembunyikan informasi dari penerima yang tidak berhak. Algoritma kriptografi klasik termasuk kedalam sistem kriptografi simetri dan digunakan jauh sebelum sistem kriptografi kunci publik ditemukan. Dalam algoritma kriptografi klasik terdapat metode cipher substitusi. Di dalam metode cipher substitusi setiap unit plainteks diganti dengan satu unit cipherteks. Satu unit disini bisa berarti satu huruf, pasangan huruf, atau kelompok lebih dari dua huruf. Algoritma cipher substitusi tertua yang diketahui adalah Caesar Cipher yang digunakan oleh kaisar Romawi, Julius Caesar untuk menyandikan pesan yang ia kirim kepada para gubernurnya.Algoritma Kriptografi Klasik

Sebelum komputer ada, kriptografi dilakukan dengan menggunakan pensil dan kertas. Algoritma kriptografi (cipher) yang digunakan saat itu, dinamakan juga algoritma klasik, adalah berbasis karakter, yaitu enkripsi dan dekripsi dilakukan pada setiap karakter pesan. Pada dasarnya, algoritma kriptografi klasik dapat dikelompokkan kedalam dua macam cipher yaitu :

1. Cipher Substitusi (Substitution Ciphers)
2. Cipher Transposisi (Transposition Ciphers)

Di dalam Cipher Substitusi setiap unit plainteks diganti dengan satu unit cipherteks.satu unit disini bisa berarti satu huruf, pasangan huruf, atau kelompok lebih dari dua huruf (Munir, 2006). 

Algoritma substitusi tertua yang diketahui adalah Caesar cipher yang digunakan oleh kaisar Romawi, Julius Caesar untuk menyandikan pesan yang ia kirim kepada para gubernurnya.Cipher substitusi dapat dikelompokkan kedalam 4 (empat) jenis yaitu : cipher alphabet-tunggal, cipher alphabet-majemuk, cipher substitusi homofonik dan cipher substitusi poligram.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KLASIK KE DALAM BAHASA PEMROGRAMAN PHP"

Powered by Blogger.