JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI KLASIK MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI

blogger templates

Penulis : Muhammad Fairuzabdi
Kata Kunci: Kriptografi Klasik, shift chiper, monoalphabetic chiper, polyalphabetic chper dan column transpotition chiper





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI KLASIK MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI | Keamanan data dan informasi merupakan hal sangat penting di era informasi saat ini. Umumnya, setiap institusi memiliki dokumen-dokumen penting dan bersifat rahasia yang hanya boleh diakses oleh orang tertentu. Sistem informasi yang dikembangkan harus menjamin keamanan dan kerahasian dokumen-dokumen tersebut. Namun kendalanya bahwa media-media yang digunakan seringkali dapat disadap oleh pihak lain. Oleh karena itu, diperlukan metode untuk mengamankannya, salah satunya dengan menggunakan metode kriptografi.Kriptografi sesungguhnya telah dikenal dan dipakai cukup lama sejak kurang lebih tahun 1900 sebelum masehi pada prasasti-prasasti kuburan. Kriptografi sendiri berasal dari kata “Crypto” yanng berarti rahasia dan “graphy” yang berarti tulisan. Jadi, dapat dikatakan kriptografi adalah tulisan yang tersembunyi. Dengan adanya tulisan yang tersembunyi ini, orang-orang yang tidak mengetahui bagaimana tulisan tersebut disembunyikan tidak akan mengetahui bagaimana cara membaca maupun menerjemahkan tulisan tersebut.

Saat ini, kriptografi menjadi dasar bagi keamanan komputer dan jaringan karena yang menjadi pokok dari fungsi komputer dan jaringan adalah data ataupun informasi. Komputer dan jaringannya menjadi sarana bagi distribusi data dan informasi, maka data dan informasi tersebut harus diamankan agar hanya orang-orang yang berhak mengaksesnya yang dapat mengetahui maupun menggunakan data tersebut. Data-data tersebut diamankan dengan sedemikian rupa oleh pengirim sehingga orang lalin tidak dapat mengenali data tersebut. Hal ini lebih dikenal dengan nama proses enkripsi. Data atau pesan yang asli sering disebut sebagai plaintext dan data yang telah dienkripsi disebut sebagai chipertext atau menurut terminologi yang lebih tepat enchiper.

Sebelum adanya komputer, kriptografi dilakukan dengan algoritma berbasis karakter. Algoritma yang digunakan termasuk ke dalam sistem kriptografi simetri dan digunakan jauh sebelum sistem kriptografi kunci publik ditemukan.Terdapat sejumlah algoritma yang tercatat dalam sejarah kriptografi. Algoritma-algoritma tersebut sering diistilahkan dengan algoritma kriptografi klasik. Algoritma tersebut dianggap usang karena sangat mudah dipecahkan.

Namun beberapa alasan perlunya mempelajari algoritma kriptografi klasik, diantaranya bahwa algoritma kriptografi memberikan pemahaman konsep dasar kriptografi dan menjadi dasar dari algoritma kriptografi modern. Dengan pemahaman yang kuat tentang konsep dasar kriptografi maka potensi-potensi kelemahan sistem chiper dapat ditelusuri.

Bahasan dibatasi pada empat algoritma kriptografi klasik yaitu: shift chiper, monoalphabetic chiper, polyalphaberit chper dan column transpotion chiper yang diimplementasikan menggunakan Borland Delphi. Pemilihan bahasa ini untuk implementasi algoritma kriptografi klasik, lebih didasarkan bahwa Borland Delphi merupakan salah satu bahasa berbasis Visual yang penggunanya paling luas di dunia akademis saat ini. Dengan demikian, penenlitian diharapkan lebih luas menjangkau pembaca di dunia akademis dalam memahami konsep dasar kriptografi. Secara teknis, Borland Delphi juga didukung oleh berbagai prosedur dan fungsi string bawaan cukup lengkap, sehingga sangat membantu dalam implementasinya. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Menurut Bruce Scheiner dalam bukunya "Applied Cryptography", kriptografi adalah ilmu pengetahuan dan seni menjaga pesan tetap aman (secure).



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI KLASIK MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI"

Powered by Blogger.