JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBUATAN APLIKASI PENYISIPAN PESAN PADA FILE MP3 MENGGUNAKAN METODE PARITY CODING DAN ENKRIPSI CAESAR CIPHER

blogger templates

Penulis : Andreas Nicolas Tarigan
Kata Kunci : Steganografi, Trade Off Dalam Watermarking , Caesar Cipher




Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBUATAN APLIKASI PENYISIPAN PESAN PADA FILE MP3 MENGGUNAKAN METODE PARITY CODING DAN ENKRIPSI CAESAR CIPHER | Perkembangan dunia digital saat ini membuat lalu lintas pengiriman pesan atau data semakin pesat. Data yang dipertukarkan pun bervariasi baik dari jenisnya maupun tingkat kerahasiaannya. Mulai dari data pribadi, data organisasi sampai data negara yang sangat rahasia. Hal inilah yang menuntut adanya pengamanan data tersebut sehingga tidak sampai tersadap oleh pihak ketiga.

Walaupun steganografi dapat dikatakan mempunyai hubungan yang erat dengan kriptografi, tapi metode ini sangat berbeda dengan kriptografi. Kriptografi mengacak pesan sehingga tidak dimengerti, sedangkan steganografi menyembunyikan pesan sehingga tidak terlihat. Pesan dalam cipherteks hasil dari proses kriptografi mungkin akan menimbulkan kecurigaan, namun tidak pada pesan yang dibuat dengan steganografi.

Perkembangan teknologi dan komputerisasi telah berkembang dengan cepat. Berbagai macam jenis dokumen telah dibuat seperti dokumen teks, citra, audio dan video. Untuk dokumen audio, jenis dokumen ini memiliki beberapa format data antara lain WAV, WMA, MP3 dan lain sebagainya.

Saat ini dokumen audio yang sering digunakan ialah dari MP3. Format kompresi audio MP3 saat ini menjadi yang terpopuler, ditunjukkan dengan meluasnya penggunaan MP3 oleh banyak orang walaupun sudah terdapat jenis kompresi audio yang jauh lebih baik dari segi kapasitas dan kualitas. Akan tetapi bukan hal yang mustahil,bahwa MP3 dapat digunakan untuk aplikasi keamanan informasi. MP3 memiliki ukuran yang relatif lebih besar daripada dokumen citra, sehingga memungkinkan lebih banyak data yang bisa disembunyikan dalam dokumen ini. Dengan begitu, dalam beberapa waktu kedepan MP3 tidak hanya berfungsi sebagai media audio saja tetapi dapat berfungsi lebih banyak, salah satunya sebagai media penyimpanan dokumen. Dengan sistem ini, keamanan data dapat lebih terjamin, karena yang dapat mengambil dokumen yang tersembunyi hanya orang yang memiliki kata kunci untuk mengaksesnya.

Maka dari itu akan sangat sulit bagi pihak ketiga yang akan mencoba memecahkannya kecuali ia memiliki akses terhadap data tersebut atau dapat merekonstruksi sinyal acak yang digunakan untuk menyebarkan pesan pada jangkauan frekuensi. 

Metode ini menggunakan pseudorandom untuk menyebar data pada jangkauan frekuensi. Sistem ini menggunakan kata kunci untuk autentikasi pengguna yang berhak mengakses. Kunci yang dipakai adalah kunci simetris, yaitu kunci pada pengirim pesan sama persis dengan kunci pada penerima pesan. maka dari itu penulis berinisiatif mengambil judul “Pembuatan aplikasi penyisipan pesan pda file mp3 menggunakan metode parity coding dan enkripsi Caesar cipher”



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PEMBUATAN APLIKASI PENYISIPAN PESAN PADA FILE MP3 MENGGUNAKAN METODE PARITY CODING DAN ENKRIPSI CAESAR CIPHER"

Powered by Blogger.