JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA UNIVERSAL MODULAR TRANSFORMATION DALAM PENGAMANAN CITRA DIGITAL

blogger templates

Penulis : Mei Fitri Sinaga
Kata Kunci : Implementasi, Algoritma Universal Modular Transformation, Pengamanan Citra.






Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA UNIVERSAL MODULAR TRANSFORMATION DALAM PENGAMANAN CITRA DIGITAL | Inti dari enkripsi citra atau pengacakan citra adalah untuk mengurangi korelasi dari posisi piksel dan korelasi dari nilai piksel hingga menjadi tidak relevan. Dari perspektif dari teori informasi, citra digital harus dilihat sebagai sumber informasi yang dibentuk dari blok tidak overlap dan piksel dari citra dapat dianggap sebagai pesan dari sumber informasi. Proses pengacakan citra dapat dianggap sebagai proses perbaikan ketidakpastian, dan juga sebagai proses penambahan jumlah informasi citra. 

Korelasi dari piksel citra alami memiliki jumlah yang terbesar dalam blok dan ketidakpastian. Keadaan terbaik dari pengacakan citra adalah piksel acak pada blok tertentu pada citra teracak memiliki probabilitas yang sama yang berasal dari situasi acak pada citra asli. Hal ini juga berarti bahwa isi informasi rata-rata akan mencapai maksimum ketika probabilitas dari piksel pada blok yang sama dari citra asli didistribusikan pada blok yang berbeda adalah sama. Untuk itu, maka perlu dikembangkan proses transformasi baru karena metode klasiknya dipetakan untuk keseluruhan citra. 

Sebuah pendekatan baru diperkenalkan oleh Xue Yang, Xiaoyang Yu, Qifeng Zou dan Jiaying Jia dari China dan dipublikasikan pada tahun 2010 pada Information Technology Journal. Pendekatan ini meningkatkan entropi/kuantitas pengukuran (entropy) dari citra terenkripsi.

Selain itu, pendekatan ini juga menggunakan sebuah kelas dari pemetaan chaos (chaotic mapping) yang dikemukakan oleh Kwok dan Tang, 2007; Fan dan Jiang, 2004; Huang dan Feng, 2007 dan Ren, 2008, yang berdasarkan pada universal modular transformation untuk meningkatkan kuantitas kunci. Secara garis besar, algoritma yang diperkenalkan oleh Xue Yang dan partner ini akan mendistribusikan informasi dari sebuah piksel ke seluruh subblok hasil sehingga informasi piksel pada citra hasil enkripsi menjadi benar-benar acak. 

Algoritma ini menerapkan operasi perkalian modular pada matriks dan fungsi trigonometri untuk melakukan pemetaan logistik terhadap nilai piksel dari citra. Citra yang digunakan adalah citra grayscale berbentuk persegi dengan format BMP dengan batasan maksimal 500 x 500.




0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA IMPLEMENTASI ALGORITMA UNIVERSAL MODULAR TRANSFORMATION DALAM PENGAMANAN CITRA DIGITAL"

Powered by Blogger.