JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER

blogger templates

Penulis : Rismawati
Kata Kunci : Diagnosa Penyakit Ginjal, Sistem Pakar, Metode Dempster-Shafer.



Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER | Angka kematian para penderita penyakit ginjal yang semakin meningkat, dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang gejala awal penyakit ginjal dan fasilitas kesehatan khususnya ginjal di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga dalam bidang kesehatan juga membutuhkan teknologi komputer. Gejala penyakit merupakan awal timbulnya sebuah penyakit yang dapat membahayakan nyawa seseorang, ironisnya gejala-gejala tersebut seringkali diabaikan oleh seseorang. Gejala tersebut tidak membahayakan karena tidak terlalu menganggu aktifitas dan menganggap gejala yang timbul tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Selain itu, mahalnya biaya pengobatan menjadi salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat berobat ke dokter. Perkembangan komputer dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan kompleks. Hal ini mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia atau bahkan melebihi kemampuan kerja manusia. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

1.1 Perumusan Masalah 

Dari uraian-uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut : 

1. Bagaimana mengumpulkan data-data terkait dengan penyakit Ginjal?
2. Bagaimana menggunakan rule-based dengan menggunakan metode Dempster shafer?
3. Bagaimana merancang aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit ginjal ?

1.2 Batasan Masalah 

Agar pembahasan tidak meluas maka perlu pembatas masalah-masalah sebagai berikut :
Berdasarkan uraian pada rumusan masalah di atas, maka batasan masalah adalah sebagai berikut : 

1. Adapun penyakit yang diteliti khusus penyakit ginjal pada manusia. 
2. Program ini hanya mendiagnosa penyakit ginjal
3. Dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008 dan database 

1.2.1 Tujuan Penelitian 

Berdasarkan perumusan dan batasan masalah diatas, maka dapat disimpulkan beberapa tujuan dari penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 

1. Mengumpulkan data-data penyakit ginjal pada manusia. 
2. Untuk dapat menerapkan sistem pakar yang dapat mengetahui penyakit ginjal pada manusia dengan menggunakan metode Dempster shafer?
3. Mengimplementasikan penyakit ginjal pada manusia ke dalam bentuk aplikasi


0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER"

Powered by Blogger.