JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN SEMANGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

blogger templates

Penulis : Dodi Harto
Kata kunci : Sistem Pakar, Penyakit pada tanaman semangka, Certainty Factor .





Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN SEMANGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR | Penyakit pada tanaman senantiasa dijumpai pada setiap tanaman tidaklah asing lagi bagi petani, tetapi masalahnya adalah apakah penyakit tersebut menimbulkan kerugian yang berarti atau tidak. Kadang - kadang petani tahu kalau tanamannya diserang penyakit, tetapi petani tidak tahu penyakit apa yang sedang menyerang tanaman mereka. Selain itu hal lain yang menyebabkan kegagalan panen adalah karena kesalahan dalam penanganannya dan memilih obat yang akan digunakan dan komposisi obat yang digunakan untuk menanggulangi penyakit, mungkin karena dosisnya terlalu banyak, sehingga tanaman menjadi rusak bahkan ada yang mati. 

Penyuluh pertanian juga kesulitan untuk mengidentifikasi jenis penyakit yang menyerang pada tanaman semangka, walaupun terlihat adanya perubahan tanaman semangka tersebut. Bahkan kadang - kadang penyuluh tidak solusinya atau cara penanganan untuk memberantas penyakit pada tanaman semangka. Penyuluh juga kesulitan untuk memberi penjelasan kepada petani tentang gejala - gejala (tanda - tanda) suatu tanaman sedang diserang penyakit. 

Di era globalisasi yang kiat semarak dibicarakan sekarang ini, teknologi memegang perananan penting yang tentunya tidak terlepas kaitanyanya dengan teknologi komunikasi. Kemampuan komputer dalam mengingat dan menyimpan informasi dapat dimanfaatkan tanpa harus bergantung kepada hambatan seperti yang dimiliki manusia. Dengan menyimpan informasi dan sehimpunan aturan penalaran yang memadai memungkinkan komputer memberitan kesimpulan atau mengambil keputusan yang kualitasnya sama dengan kemampuan seorang pakar bidang keilmuan tertentu. Salah satu cabang ilmu komputer yang mendukung hal tersebut adalah sistem pakar. 

Berdasarkan kemajuan dalam bidang komputer dan informatika, kerumitan dan kesulitan dapat ditanggulangi dengan menyediakan suatu perangkat lunak (sistem pakar) berupa program untuk menentukan penyakit yang menyerang pada tanaman semangka dan jenis obat serta cara pencegahannya. 

Maka digunakan metode certainty factor, certainty Factor merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian data. Faktor kepastian diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN (Wesley, 1984).

Certainty factor (CF) merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Certainty Factor (CF) dapat terjadi dengan berbagai kondisi. Diantara kondisi yang terjadi adalah terdapat beberapa antensenden (dalam rule yang berbeda) dengan satu konsekuen yang sama. Dalam kasus ini, kita harus mengagregasikan nilai CF keseluruhan dari setiap kondisi yang ada.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYAKIT PADA TANAMAN SEMANGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR"

Powered by Blogger.