JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMILIHAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN FUZZY TAHANI

blogger templates

Penulis : Indah Akmal Nasution
Kata Kunci : logika fuzzy, fuzzifikasi, inferensi fuzzy, defuzzifikasi, Tahani.




Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMILIHAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN FUZZY TAHANI | Perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat juga semakin meningkat. Terlebih lagi didorong dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Sebagai contoh, dengan adanya laptop yang memudahkan pekerjaan segala kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan resiko kesalahan dapat dikurangi. 

Setiap orang sering dihadapkan pada suatu keadaan dimana dia harus memutuskan untuk memilih satu dari beberapa pilihan yang ada. Suatu masalah dalam kehidupan dapat diselesaikan dengan berbagai cara yang mungkin saja memberikan pemecahan masalah secara langsung atau memberi beberapa alternatif solusi untuk pemecahan masalah. 

1.2 Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang permasalahan pada maka masalah-masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut: 

1. Bagaimana proses dalam perancangan sistem pendukung keputusan untuk menentukan spesifikasi komputer dengan menggunakan metode fuzzy? 

2. Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan dengan menggunakan logika fuzzy? 

3. Bagaimana mengimplementasikan pendekatan logika fuzzy pada penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli, baik dari segi merek maupun logika fuzzy seperti kecepatan prosesor, kapasitas harddisk, kapasitas memory, ukuran monitor, ukuran power supply, serta ukuran VGA 

1.3 Batasan Masalah 

Agar pembahasan terarah dan sesuai Dengan yang telah diuraikan sebelumnya maka batasan masalah yang dibahas pada skripsi ini meliputi : 

1. Desain sistem pendukung keputusan dibatasi dengan menggunakan metode logika fuzzy. 

2. Implementasi dilakukan pada pengambilan keputusan dari beberapa data spesifikasi komputer yang tersedia pada database. 

3. Implementasi dilakukan pada penentuan spesifikasi komputer yang tersedia pada database, hanya spesifikasi standard seperti prosesor, mainboard, memory, VGA, casing, PSA, harddisk, monitor, optical drive, keyboard dan mouse. Sedangkan aksesoris lainnya tidak dimasukkan karena merupakan fasilitas pendukung saja, yang sifatnya tidak terlalu penting. 

4. Tidak dilakukan proses pembandingan dengan algoritma lainnya.



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMILIHAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN FUZZY TAHANI"

Powered by Blogger.