JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TRAINER (STAF PENGAJAR) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: PRIMAGAMA ENGLISH JOHOR)

blogger templates

Penulis : M. Arfan Rinaldi
Kata Kunci: SPK, Trainer, SAW. 










Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TRAINER (STAF PENGAJAR) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: PRIMAGAMA ENGLISH JOHOR) |Di dalam lembaga pendidikan tentu membutuhkan tenaga pengajar untuk melakukan proses belajar mengajar. Primagama English Johor adalah satu contoh cabang lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris ternama di Indonesia yang berkomitmen mengutamakan kualitas pendidikan bagi siswa-siswinya. 

Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dibutuhkan trainer (staf pengajar) yang handal di bidang bahasa Inggris. Kriteria yang ditetapkan dalam studi kasus ini adalah pendidikan terakhir, nilai indeks prestasi kumulatif, usia serta status mengajar. Oleh sebab itu tidak semua yang mendaftarkan diri sebagai calon trainer akan diterima, hanya yang memenuhi kriteria-kriteria saja berpeluang direkrut menjadi trainer. Oleh karena jumlah peserta yang mengajukan diri sebagai trainer banyak dan indikator kriteria yang banyak juga, maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang akan membantu penentuan siapa yang berhak untuk direkrut menjadi trainer. 

Sistem pendukung keputusan (SPK) diidentifikasi sebagai suatu sistem yang mendukung pembuatan keputusan pada tingkat manajerial dengan situasi keputusan semi terstruktur. Sistem Pendukung Keputusan biasa dibangun untuk mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk mengevaluasi suatu peluang. 

Model yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM). Metode SAW ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Dengan metode perankingan tersebut, diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa yang berhak direkrut menjadi trainer. 

1.2 Perumusan Masalah 

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 
1. Bagaimana proses menentukan kriteria untuk setiap alternatif pemilihan trainer pada bimbingan belajar Primagama English Johor ? 

2. Bagaimana proses pembobotan kriteria dengan menerapkan metode SAW terhadap sistem pendukung keputusan pemilihan trainer ? 

3. Bagaimana menguji hasil analisis pembobotan dengan metode Simple Additive Weighting menggunakan perangkat lunak MATLAB? 



0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TRAINER (STAF PENGAJAR) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: PRIMAGAMA ENGLISH JOHOR)"

Powered by Blogger.