JURNAL AGAMA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) SEBAGAI WAHANA TRANSFORMASI PENDIDIKAN

blogger templates


Penulis : Imam Mawardi
Kata Kunci: ICT, Transformasi, Pendidikan








Jurnal Penelitian | JURNAL AGAMA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) SEBAGAI WAHANA TRANSFORMASI PENDIDIKAN | Globalisasi yang diiringi perkembangan informasi dan teknologi telah merubah wajah dunia berikut konsekwensi yang menyertainya. Di era informasi ini kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang cepat tanpa terhambat oleh batas ruang dan waktu (Dryden & Voss, 1999). Perubahan terus terjadi dan akan tetap terjadi, diminta atau tidak, kita mau ataupun menolak, perubahan terus berjalan bersama waktu yang terus berputar. Kecepatan teknologi komunikasi dan informasi mempunyai peranan yang penting dalam menginformasikan perubahan, sehingga perubahan, berita atau apapun yang terjadi dimanapun secara global dalam hitungan detik sudah dapat kita ketahui.Oleh sebab itu dapat dipahami bahwa hidup manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK. Agar manusia dapat hidup lebih mudah, aman dan senang dalam lingkungannya, maka dikembangkannya teknologi dari urusanrumah tangga sampai meramal masa depan, tentunya dengan berbagai keterbatasannya.

Di samping mengandung banyak manfaat, juga menimbulkan macam-macam bahaya yang dapat merusak dan membahayakan hidup manusia apabila disalahgunakan untuk kejahatan dan perbuatan amoral lainnya. Adanya perkembangan teknologi dapat mengubah pikiran manusia, mengubah cara kerja dan cara hidupnya dalam memanfaatkan teknologi dalam berbagai aspek kebutuhan. Maka mau atau tidak mau keterlibatan manusia dalam teknologi menjadi sangat penting.

Pendidikan sebagai salah satu bentuk transformasi dan transmisi knowledge, teknologi dan values (nilai) terhadap pembentukan karakter anak didik tidak bebas dari pengaruh teknologi. Dalam dunia pendidikan teknologi mengambil peran yang sangat penting dari perencanaan, proses pendidikan sampai evaluasi membutuhkan peran perkembangan teknologi dalam berbagai bentuknya. Untuk itu dalam makalah ini, akan dibahas berbagai persoalan yang berkenaan dengan kebutuhan teknologi dengan aspek-aspek yang menyertainya sebagai wahana transformasi pendidikan. Hal-hal yang spesifik tentunya akan berkenaan dengan persoalan perubahan dalam pendidikan, teknologi dan tantangan pendidikan di Indonesia, dan perkembangan pendayagunaan ICT untuk pendidikan.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AGAMA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) SEBAGAI WAHANA TRANSFORMASI PENDIDIKAN"

Powered by Blogger.