JURNAL AGAMA NUSYÛZ ISTERI DAN SUAMI DALAM AL-QURẦN (SEBUAH PENDEKATAN TEMATIS)

blogger templates

Penulis : Erman
Kata Kunci: nusyûz, isteri, suami, perkawinan





Jurnal Penelitian | JURNAL AGAMA NUSYÛZ ISTERI DAN SUAMI DALAM AL-QURẦN (SEBUAH PENDEKATAN TEMATIS) | Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai suami istri untuk membentuk rumah tangga (keluarga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Sedangkan Kompilasi Hukun Islam menyebutkan bahwa perkawinan adalah pernikahan, yaitu akad yang sangat kuat atau mitsâqan ghalîzhan untuk mentaati perintah yang bertujuan untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakînah, mawaddah dan rahmah. Kehidupan rumah tangga sakînah, mawaddah dan rahmah bisa diraih bila antara suami isteri menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku dalam kehidupan rumah tangga. 

Suami mesti melaksanakan kewajibannya terhadap isteri dalam bentuk memenuhi kebutuhan isteri baik lahir maupun batin sesuai dengan kemampuan sang suami. Sedangkan kewajiban isteri adalah berbakti lahir dan batin kepada suami dalam batas-batas yang dibenarkan hukum Islam.

Bila seorang isteri atau suami tidak mau melaksanakan kewajibannya sebagaimana layaknya kewajiban dalam rumah tangga, seperti suami tidak mau memperdulikan isterinya, atau isteri tidak mau mentaati suaminya, maka hukum Islam memberikan penjelasan mengenai persoalan tersebut yang dalam al Qur’an dikenal dengan isitilah nusyûz. Tulisan ini membahas mengenai nusyûz dalam perspektif al Qur’an yang meliputi pengertian nusyûz, bentuk nusyûz isteri atau suami menurut al Qur’an dan bagaimana solusi terhadap nusyûz istri atau suami menurut al Qur’an.


Silahkan Download Disini ;

0 Response to "JURNAL AGAMA NUSYÛZ ISTERI DAN SUAMI DALAM AL-QURẦN (SEBUAH PENDEKATAN TEMATIS)"

Powered by Blogger.