JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN YOGYAKARTA

blogger templates

Penulis : Yanuar Mipalas Valid1, Abdullah Taman2
Kata kunci: Kesiapan Kerja, Pengalaman Praktik Industri, dan Prestasi Belajar.






Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN YOGYAKARTA Kelangsungan hidup suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Salah satu komponen yang diperlukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut adalah pendidikan. Pendidikan merupakan sarana yang tepat bagi masyarakat untuk memperoleh bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan. Peserta didik yang telah memperoleh bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan diharapkan akan memiliki Kesiapan Kerja (Yuliati, 2011: 1). Fokus pendidikan lebih diarahkan pada menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pada berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

SMK sebagai lembaga pendidikan menengah perlu dikelola dan diberdayakan seoptimal mungkin, yaitu untuk memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas. Kualitas SMK sendiri tercermin pada proses penyelenggaraan pendidikannya. Adapun dampak penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas adalah terwujudnya tenaga kerja menengah terampil, yaitu SDM yang mampu bersaing dan siap mengisi lapangan kerja sesuai bidang dan kompetensi yang dimiliki.

Ditinjau dari segi penyelenggaraan pendidikannya, SMK pada hakekatnya memiliki dua tujuan penting, diantaranya 
(1) mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia usaha dan industri (DU/DI) yang relevan; 
(2) mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Tujuan tersebut sejalan dengan UU Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP Nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN YOGYAKARTA"

Powered by Blogger.