JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

blogger templates

Penulis : Hari Pranowo1, Annisa Ratna Sari2
Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi





Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 | Setiap usaha pendidikan di Indonesia harus sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.Tujuan pendidikan nasional dapat diwujudkan dengan adanya penyelenggaraan kegiatan pendidikan.Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia secara umum dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu bentuk informal, bentuk nonformal, dan bentuk formal.Adapun bentuk pendidikan formal terbentuk dan terlaksana dengan adanya sekolah dan perguruan tinggi. Di sekolah-sekolah itulah para siswa yang merupakan bagian dari generasi muda penerus bangsa diharapkan akan menjadi pelaku dalam pembangunan bangsa yang berkesinambungan di masa sekarang maupun di masa mendatang sehingga para siwa setelah lulus diharapkan mampu menjadi tulang punggung pembangunan bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan pembelajaran akuntansi, terdapat sebagian siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami setiap materi akuntansi yang telah diberikan oleh guru.Hal ini tentu dapat mengganggu dan menghambat siswa untuk mencapai prestasi belajar akuntansi yang tinggi.Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditelusuri faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi siswa yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi: faktor fisiologi misalnya mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan tidak sempurna dan faktor psikologis misalnya intelegensi, motivasi belajar, minat, persepsi, sikap, bakat, kebiasaan belajar dan lain-lain, sedangkan faktor ekstern meliputi kurikulum, kompetensi profesional guru, fasilitas guru, metode mengajar guru, lingkungan sekolah, status sosial ekonomi, lingkungan keluarga termasuk perhatian orang tua, lingkungan masyarakat dan faktor budaya. Menurut Clark yang dikutip oleh Nana Sudjana (2001: 39) faktor intern berpengaruh sebesar 70% sedangkan faktor ekstern hanya berpengaruh 30% terhadap prestasi belajar.Diharapkan setelah diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi akan membantu siswa untuk memperoleh prestasi belajar akuntansi yang tinggi.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012"

Powered by Blogger.