JURNAL AKUNTANSI PENGARUH TEMAN BERGAUL DAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YP 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

blogger templates



Penulis : Aprilia Galuh Ciptarani
Keywords: Hanging’s Friends, Disciplinary Learning’s Rate, Accounting Achievement Learning





Jurnal Penelitian | JURNAL AKUNTANSI PENGARUH TEMAN BERGAUL DAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YP 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 | Melalui interaksi dengan teman, anak-anak belajar berpikir secara mandiri, mengambil keputusan sendiri, menerima pandangan-pandangan dan nilai-nilai yang asalnya bukan dari keluarga mereka serta dapat mempelajari pola perilaku yang diterima dari suatu kelompok. Teman bergaul dapat membawa pengaruh positif dan negatif bagi perkembangan anak. 

Kesalahan dalam memilih temanlah yang biasanya akan membawa pengaruh negatif bagi diri anak. Seorang anak haruslah dapat menilai bagaimana sifat dan sikap anak lain yang akan dipilihnya sebagai teman. Berdasarkan hasil survei, 52 dari 75 siswa (69,33%) kelas XI SMK YP 17 Magelang sering menghabiskan waktu mereka setelah pulang sekolah bersama teman-temannya, 10 dari 75 siswa (13,33%) diantaranya memiliki geng di sekolah dan di luar sekolah. 

Apabila seorang anak terlalu banyak memiliki aktivitas di luar bersama teman bergaulnya sedangkan anak tersebut kurang dapat membagi waktunya secara bijaksana terutama dalam hal belajar, maka aktivitas tersebut dapat merugikan karena waktu belajar anak tersebut menjadi terganggu. Seorang teman yang baik setidaknya dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi teman lainnya, seperti dorongan dan motivasi untuk belajar dan sekolah.

Prestasi belajar yang tinggi merupakan dambaan setiap siswa. Namun untuk mendapatkannya bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan hasil observasi, terdapat 12 dari 75 siswa (16%) yang belum memenuhi KKM pada ulangan harian I dengan KKM sebesar 74. Banyak hal yang menjadi hambatan dalam upaya mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Tingkat kedisiplinan yang dimiliki seorang anak berbeda satu dengan lainnya. 


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL AKUNTANSI PENGARUH TEMAN BERGAUL DAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YP 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014"

Powered by Blogger.