JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PERSEPSI IBU TENTANG PERAN SERTA TENAGA KESEHATAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA IBU BALITA USIA 0 – 5 TAHUN DI PUSKESMAS NGESREP KOTA SEMARANG

blogger templates

Penulis : Heny Sapto Wahyuningsih1), Dewi Puspitaningrum2), Novita Nining Anggraini3)
Keyword: Mother’s perception, health personnel role, pneumonia prevention behaviors




Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PERSEPSI IBU TENTANG PERAN SERTA TENAGA KESEHATAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA IBU BALITA USIA 0 – 5 TAHUN DI PUSKESMAS NGESREP KOTA SEMARANG Target Millenium Development Goals (MDGs) 4 adalah menurunkan angka kematian balita pada tahun 2015. Salah satu upaya menurunkan angka kematian balita adalah dengan menurunkan angka kematian balita akibat pneumonia (Depkes RI, 2010). Pneumonia adalah pembunuh utama balita didunia, lebih banyak dibandingkan dengan penyakit lain seperti AIDS, malaria dan campak. 

Di dunia setiap tahun diperkirakan lebih dari 2 juta balita meninggal karena pneumonia (1 balita/ 15 detik) dari 9 juta total kematian balita. Diantara lima kematian balita, satu diantaranya disebabkan karena pneumonia. Bahkan karena besarnya kematian Pneumonia ini, Pneumonia disebut pandemi yang terlupakan atau The Forggoten Pandemic (World Health Organization (WHO) dalam Depkes RI, 2009).

Penurunan penemuan kasus pneumonia ini disebabkan oleh kurangnya dukungan pemerintah daerah dalam upaya mengendalikan penyakit pneumonia seperti kekurang lengkapan pelaporan data penemuan kasus pneumonia balita di kota/ kabupaten (Depkes RI, 2010). Akibat rendahnya kepatuhan petugas kesehatan dalam menjalankan Standar Opersional Prosedur yang belum maksimal sehingga banyak kasus pneumonia balita tidak terdeteksi, disamping itu belum maksimalnya sosialisasi kepada masyarakat tentang tanda-tanda pneumonia pada balita serta bahayanya bila tidak segara ditangani sangat berpengaruh terhadap rendahnya cakupan penemuan kasus pneumonia balita (Dinkes Jateng, 2008).

Program kerja Puskesmas Ngesrep Pelayanan Imunisasi,perbaikan gizi dan kesehatan lingkungan. Kegiatan yang dilakukan untuk program penyakit pneumonia adalah penemuan kasus pneumonia,pneumonia berat oleh puskesmas dan kader, jumlah kasus pneumonia pneumonia berat diobati sesuai standar, jumlah kasus pneumonia dirujuk (Profil Puskesmas Ngesrep,2013).

Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN HUBUNGAN PERSEPSI IBU TENTANG PERAN SERTA TENAGA KESEHATAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA IBU BALITA USIA 0 – 5 TAHUN DI PUSKESMAS NGESREP KOTA SEMARANG"

Powered by Blogger.