JURNAL KEBIDANAN PENGARUH PERAN IBU TERHADAP PERILAKU PENANGANAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI

blogger templates

Penulis : Sri Sopiyah*) Dewi Puspitaningrum*) Fitriani Nur Damayanti*)
Keywords : Mother’s role, Attitude, Dysmenorrheal treatment








Jurnal Penelitian | JURNAL KEBIDANAN PENGARUH PERAN IBU TERHADAP PERILAKU PENANGANAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI | Masa remaja diawali dari suatu fase perkembangan yang dinamis dalam kehidupan seseorang. Usia remaja berlangsung antara umur 12-21 tahun, dengan pembagian 12-15 tahun masa remaja awal, 15-18 tahun masa remaja pertengahan, 18-21 tahun masa remaja akhir. Masa ini merupakan periode transisi dari masa anak kemasa dewasa yang ditandai dengan percepatan perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial. Usia remaja juga dibagi dengan melihat perubahan yang terjadi yaitu antara usia 10-12 tahun masa prapubertas, usia 12-15 tahun masa pubertas dan 15-21 tahun masa adolescence (Monks, 2004).

Perubahan fisik pubertas dimulai sekitar usia 10 atau 11 tahun pada remaja putri. Petunjuk pertama bahwa mekanisme reproduksi pada anak perempuan menjadi matang adalah datangnya haid. Ini adalah permulaan dari serangkaian pengeluaran darah, lendir, dan jaringan sel yang hancur dari uterus secara berkala, yang akan terjadi kira-kira setiap 28 hari sampai mencapai menopause, pada akhir empat puluhan atau awal lima puluhan tahun (Hurlock, 2000).

Dalam siklus menstruasi tidak semua wanita mengalami menstruasi secara normal. Ada beberapa wanita yang mengalami nyeri haid selama menstruasi yang sering disebut dengan istilah dismenorhoe. Dismenorhoe merupakan keluhan ginekologi yang paling umum, frekuensi dismenorhoe cukup tinggi dan penyakit ini sudah lama dikenal tapi sampai sekarang penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor dapat menjadi penyebab dismenorhoe salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon progesteron dalam darah sehingga mengakibatkan rasa nyeri timbul, faktor psikologis juga ikut berperan terjadinya dismenorhoe pada beberapa wanita (Prawirohardjo, 2002).


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL KEBIDANAN PENGARUH PERAN IBU TERHADAP PERILAKU PENANGANAN DISMENORHOE PADA REMAJA PUTRI"

Powered by Blogger.