JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII A SMP N 2 PUNDONG

blogger templates

Penulis : Erni Puji Astuti, Murdanu, M.Pd
Key word: through problem solving, students’ critical thought skill







Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII A SMP N 2 PUNDONG | Kecakapan matematika merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kecakapan berpikir dan diperlukan untuk dapat menghadapi dunia disekitarnya, serta untuk berhasil dalam karirnya. Kecakapan matematika yang dimaksud meliputi pemahaman konsep, penalaran, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berkomunikasi. Kecakapan berpikir seseorang tidak terjadi dengan sendirinya tetapi melalui suatu proses yang terus berlanjut dan proses tersebut dapat diamati. Proses menuju ke arah kecakapan berpikir perlu suatu latihan serta membutuhkan suatu proses yang disebut dengan keterampilan berpikir. 

Keterampilan berpikir merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Rendahnya keterampilan berpikir akan mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah, khususnya mengenai pemecahan masalah karena dalam proses pembelajaran di kelas kebanyakan siswa mengerjakan soal dengan hanya menghafal rumus sesuai dengan yang diajarkan gurunya dengan alasan takut dimarahi guru. Dengan menggunakan keterampilan berpikir, siswa akan mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan nilai. Seluruh tindakan dalam proses belajar mengajar akan menciptakan kondisi belajar yang melibatkan siswa aktif. 

Dalam proses pembelajaran matematika siswa dituntut dapat memiliki kompetensi dalam penyelesaian masalah (problem solving), bernalar (reasoning), berkomunikasi (secara umum dan matematis), dan keterkaitan (connectedness) yaitu mengkaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman–pengalaman sebelumnya yang telah siswa miliki. Pendekatan pemecahan masalah menekankan pada pengajaran untuk berpikir tentang cara memecahkan masalah dalam pemrosesan informasi matematika (Marpaung, 2003:7).


Silahkan Download Disini:

0 Response to "JURNAL MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII A SMP N 2 PUNDONG"

Powered by Blogger.