JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) GUNA MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM LITERASI MATEMATIS

blogger templates

Penulis : Dhika Cindhi Praditia 1), Dr. Sugiman 2)
Key word : teaching materials, PMRI approach, problem solving in mathematical literacy







Jurnal Penelitian | JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) GUNA MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM LITERASI MATEMATIS | Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sekolah. Melalui kegiatan pengajaran, siswa-siswi SMP yang berada pada tahap operasi formal semestinya siswa pada tahap ini sudah mampu melakukan penalaran menggunakan hubungan antara objek-objek dalam kehidupan sehari-hari untuk dikaitkan dengan suatu persoalan matematika. 

Artinya siswa mampu melakukan penalaran dari persoalan-persoalan dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan objek-objek dan menyelesaikannya dengan menggunakan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, baik aspek terapannya maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Adapun tujuan pembelajaran matematika dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah: 

(1) Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsistensi, daninkonsistensi; 
(2) Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi,intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba; 
(3) Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah; dan 
(4) Mengembangkankemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagagsan antara lain melalui semesta pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan. 

Ditegaskan pula dalam NCTM (National Council of Teachers of Mathematics), tujuan pembelajaran matematika di antaranya adalah mengembangkan kemampuan: 
(1) komunikasi matematis, 
(2) penalaran matematis, 
(3) pemecahan masalah matematis, dan 
(5) representasi matematis (NCTM, 2000: 7).

Berdasarkan uraian di atas, salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis perlu terus dilatih oleh siswa agar dapat menghadapi permasalahan matematis.



Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL MATEMATIKA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) GUNA MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM LITERASI MATEMATIS"

Powered by Blogger.