JURNAL PGSD MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DANURUTANNYA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA

blogger templates


Penulis : Ria Widayati
Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep pecahan dan urutannya, siswa kelas IV.






Jurnal Penelitian | JURNAL PGSD MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DANURUTANNYA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA | Pendidikan Sekolah Dasar ditunjang oleh berbagai mata pelajaran, salah satunya adalah pelajaran matematika. Di dalam matematika terkandung ilmu yang bertujuan untuk mendidik siswa agar dapat berfikir logis, kritis, rasional dan percaya diri sehingga mampu membentuk kepribadian yang mandiri dan kreatif.Selain itu, matematika merupakan sarana berpikir dalam menentukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahkan matematika merupakan metode berpikir sistematis dan konsisten.Oleh karena itu semua masalah kehidupan yang membutuhkan pemecahan secara cermat dan teliti selalu harus berpaling pada matematika.

W. Gulo (2004: 71) menyatakan bahwa tujuan pembelajaran terarah pada peningkatan kemampuan, baik dalam bentuk kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Kegiatan pembelajaran tidak hanya menyampaikan dan menerima informasi dari guru, tetapi mengolah informasi sebagai masukan pada usaha peningkatan kemampuan. Pada pembelajaran matematika tentunya siswa tidak hanya diajarkan dengan ceramah saja, melainkan siswa bisa memahami materi dengan baik yaitu dengan cara pengalaman secara langsung dan dapat menemukan sendiri pemecahan masalah yang ada dengan pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Selain itu, kegiatan belajar kelompok di dalam kelas juga sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, sebab dalam kelompok belajar akan terjadi interaksi sosial antara siswa dengan siswaataupun siswa dengan guru untuk memperbaiki konsep siswa. Sejalan dengan pendapat (Marsigit, 2009), bahwa interaksi sosial diantara para siswa dan guru akan dapat memberikan kegiatan kritisisasi untuk pembetulan konsep-konsep, sehingga siswa akan memperoleh perbaikan konsep.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL PGSD MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DANURUTANNYA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA"

Powered by Blogger.