Penulis : Niki Armarangain Warisman
Kata kunci: Model PAKEM, prestasi belajar Matematika
Jurnal Penelitian | JURNAL PGSD MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, EFEKTIF, KREATIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA SDN PEPEN, WATES TAHUN AJARAN 2011/2012 | Proses pembelajaran yang baik ialah pembelajaran yang bisa mengaktifkan kedua belah pihak yaitu guru dan siswa. Dengan aktifnya guru dan siswa diharapkan dapat menjadikan proses pembelajaran tersebut menjadi berjalan dengan baik. Pembelajaran juga dikatakan baik apabila siswa dapat belajar dengan pengalaman langsung, karena siswa mendapat sebuah pengalaman dari proses pembelajaran.
Melalui pengalaman tersebut, siswa akan mendapat prestasi belajar yang baik juga. Selain melalui pengalaman, prestasi belajar dapat juga diperoleh dengan cara siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Siswa akan mendapatkan prestasi yang baik, jika selama proses pembelajaran dapat memahami kompetensi dengan baik. Keberhasilan memahami kompetensi sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Ketika siswa berpartisipasi aktif, baik aktif mental, fisik maupun sosial, kesempatan untuk memahami materi akan semakin besar bagi siswa.
Pada kenyataannya pembelajaran di kelas V SD Negeri Pepen, bila dipandang dari sisi PAKEM belum berjalan sesuai dengan langkah-langkahnya. Dapat dilihat dari aspek-aspeknya yaitu aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.Pembelajaran aktif meliputi siswa aktif bertanya, mempertanyakan, mengemukakan pendapat, dan membangun sendiri pengetahuannya. Aktif bagi guru, memantau kegiatan pembelajaran, memberi umpan balik, dan mengajukan pertanyaan. Pada hasil observasi, siswa aktif bertanya, namun banyak juga siswa yang tidak memperhatikan saat Guru mengajar karena banyak yang bermain sendiri, konsep belum terbangun. Untuk guru yang nampak hanya memantau kegiatan pembelajaran dan memberi pertanyaan berupa soal (Neni S, dkk, 2010:9).
Silahkan Download Disini :
0 Response to "JURNAL PGSD MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, EFEKTIF, KREATIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA SDN PEPEN, WATES TAHUN AJARAN 2011/2012"
Post a Comment