JURNAL TEKNIK INFORMATIKA ANALISIS INDEKS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PADI DAN JAUNG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) DI KAWASAN MAMMINASATA

blogger templates
Penulis : Iin Kusuma Wardani; Samsu Arif; Amiruddin; Nurmiaty
Keywords: Land Suitabilty Index, Fuzzy Set, AHP, Compromise Programming








Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA ANALISIS INDEKS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PADI DAN JAGUNG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) DI KAWASAN MAMMINASATA | Laju pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi tiap tahun, sementara di sisi lain lahan yang tersedia untuk kegiatan pertanian tebatas . Upaya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana ini pada wilayah perkotaan menjadi kebutuhan dan akibat terbatasnya sumber daya lahan maka akan terjadi konversi lahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kesesuaian lahan untuk berbagai penggunaan lahan aktual dan yang diusulkan dapat secara sistematis dijelaskan dan dipetakan, untuk dijadikan acuan dalam proses pengambilan keputusan penggunaan lahan. Aplikasi metoda evaluasi kesesuian lahan berbasis GIS, fuzzy set, dan MCDM menunjukkan adanya fleksibilitas dalam analisis danmemungkinkan dilakukan secara komperehensif dan terintegrasi dalam penilaian sumber daya lahan untuk tujuan perencanaan penggunaan lahan. 

Mamminasata merupakan salah satu dari Kawasan Strategis Nasional (KSN), yaitu wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan. KSN memiliki peran yang sangat penting terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial, budaya, dan atau lingkungan. Pada umumnya, padi dan jagung merupakan makanan utama masyarakat Indonesia, dengan alasan tersebut maka memilih komoditas tersebut untuk penelitian ini.

Fuzzy digunakan untuk mengatasi kendala serius terkait akurasi yang ditimbulkan oleh logika Boolean, yaitu hanya benar atau salah, satu atau nol. Penggunaan teori fuzzy set dilandasi oleh pemikiran perlu adanya solusi terhadap nilai anggota bilangan atau membership value (MF) yang tidak salah.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA ANALISIS INDEKS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PADI DAN JAUNG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) DI KAWASAN MAMMINASATA"

Powered by Blogger.