JURNAL TEKNIK INFORMATIKA KAJIAN TENTANG INTEGRASI 'GIS PARTICIPATORY-DECISION SUPPORT' DALAM MANAJEMEN TATA RUANG SUATU WILAYAH

blogger templates

Penulis : Fahrul Agus
Kata Kunci : Manajemen Ruang, Sistem Informasi Geografi, GIS Participatory, Decission Support







Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA KAJIAN TENTANG INTEGRASI 'GIS PARTICIPATORY-DECISION SUPPORT' DALAM MANAJEMEN TATA RUANG SUATU WILAYAH | Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 tentang tata ruang, bahwa manajemen penataan ruang terdiri  atas sistem dan proses, yaitu kegiatan untuk menata ruang wilayah yang ada agar proses pemanfaatannya dapat berjalan sacara harmonis sehingga dapat mempertahankan kondisi lingkungan secara seimbang. Kegiatan penataan ruang terdiri dari perencanaan tata ruang, pemanfaatan dan pengendalian tata ruang. Perencanaan tata ruang adalah proses penentuan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang. Pemanfaatan ruang merupakan proses penyusunan dan pelaksananaan program serta pembiayaan akibat penggunaan ruang yang telah ditetapkan pada perencanaan tata ruang. 

Pengendalian tata ruang merupakan proses pengendalian dan penertiban ruang akibat dari pemanfaatan yang harus berdasarkan pada perencanaan tata ruang yang telah ditetapkan. Agar proses pembangunan yang dilakukan pada suatu wilayah ruang tertentu dapat memberi dampak positif kepada kesejahteraan masyarakat banyak, sebaiknya dilaksanakan dengan mangacu kepada perencanaan penempatan ruang yang tepat. 

Perencanaan tata ruang yang tepat dihasilkan dengan proses kolaborasi dan harus melibatkan seluruh masyarakat agar keputusan yang dihasilkan atas perencanaan penempatan ruang tersebut dapat mewakili seluruh kepentingan kelompok masyarakat dan penduduk setempat. Namun kendala yang banyak ditemui saat ini adalah, banyak hasil perencanaan tata ruang masih berlaku sepihak, tidak menyeluruh, tidak partisipatif, tidak mencerminkan aspek sosial budaya lokal serta berkesan politis, sehingga jauh dari kesempurnaan dari sebuah perencanaan tata ruang yang ideal.

Menurut Boroushaki S dan Malczewski J di Jurnal Urban Regional Information System Association (URISA-2010) bahwa saat ini sudah banyak warga yang menuntut partisipasi yang lebih besar dalam membentuk keputusan kebijakan publik yang mempengaruhi kehidupan mereka. Contoh permasalahan yang mempengaruhi kehidupan masyarakat banyak adalah masalah manajemen ruang (spasial) dari suatu wilayah.

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA KAJIAN TENTANG INTEGRASI 'GIS PARTICIPATORY-DECISION SUPPORT' DALAM MANAJEMEN TATA RUANG SUATU WILAYAH"

Powered by Blogger.