JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI SPASIAL TARIAN ADAT INDONESIA BERBASIS WEB MULTIMEDIA

blogger templates

Penulis : ANTO BUDIONO1, MUHAMMAD FAIRUZABADI2
Kata Kunci: Sistem Informasi Spasial, Tarian Adat, Web, Multimedia.






Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI SPASIAL TARIAN ADAT INDONESIA BERBASIS WEB MULTIMEDIA | Istilah “informasi geografis” mengandung pengertian sistem informasi mengenai tempat-tempat yang terletak dipermukaan bumi, pengetahuan mengenai posisi dimana suatu objek terletak dipermukaan bumi, dan informasi mengenai keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat dipermukaan bumi yang posisinya diberikan atau diketahui. Informasi Geografis merupakan suatu kesatuan formal yang terdiri dari berbagai sumber daya fisik dan logika yang berkenaan dengan objek-objek yang terdapat dipermukaan bumi. Jadi sistem informasi geografi juga merupakan sejenis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

Sistem Informasi Geografis pada dasarnya adalah sistem informasi berbasis komputer dengan memakai data digital berujuk pada lokasi geografis dimuka bumi yang menggambarkan informasi kebumian yang diproses dengan komputer . Sistem informasi geografis telah dikenal luas sebagai alat bantu untuk (proses) pengambilan keputusan. Selain itu, sebagian besar instansi (pemerintah, swasta, baik bidang akademis maupun non- akademis) maupun individu yang memerlukan informasi yang berbasiskan data spasial telah mengenal dan menggunakan sistem ini.Sistem informasi spasial merupakan bagian dari sistem informasi geografi, dan data spasial mempunyai pengertian sebagai suatu data yang mengacu pada posisi, obyek, dan hubungan diantaranya dalam ruang bumi. Data spasial merupakan salah satu item dari informasi, dimana di dalamnya terdapat informasi mengenai bumi termasuk permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, perairan, kelautan dan bawah atmosfir (Rajabidfard dan Williamson, 2000 di kutip dari Dhani Gumelar, 2007).

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai suku, budaya dan ras yang tersebar di berbagai pulau yang ada di Indonesia. Misalkan karya seni tarian adat tradisional yang begitu banyaknya yang dimiliki oleh Indonesia. Seni tradisi dianggap suatu yang monumen sebagai khasanah atau aset budaya bagi pemiliknya, seni tradisi adalah salah satu bagian essensial dari persentasi kultural kelompok etnik tertentu.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI SPASIAL TARIAN ADAT INDONESIA BERBASIS WEB MULTIMEDIA"

Powered by Blogger.