JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN LAHAN POTENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING

blogger templates

Penulis : Adriyanto Prasetyo, Muhammad Cholid Arrofiq
Key Word : Image Proscessing, lahan








Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN LAHAN POTENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING DuPont adalah sebuah perusahaan Amerika yang bergerak di bidang bahan kimia. Di Indonesa DuPont memiliki bussiness unit yang bergerak di bidang pertanian dengan nama P.T. Dupont Agricultural Products Indonesia(DAPI). P.T. DAPI telah berada di Indonesia sejak tahun 1975 dan produknya telah tersebar di seluruh Indonesia.Sejauh ini, PT DAPI memasarkan produknya ke seluruh Indonesia tanpa mengetahui secara pasti akan kebutuhan konsumennya karena mereka hanya memasarkan produknya sesuai permintaan sehingga belum mengetahui apakah produk yang mereka pasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumennya atau belum. Mereka juga mengalami kesulitan pada saat ingin melakukan perluasan jaringan pemasaran. 

Hal ini karena P.T. DAPI belum mengetahui secara pasti daerah yang tepat untuk dilakukan perluasan pemasaran. Kurangnya informasi mengenai potensi lahan suatu daerah dan pemetaan jenis tanaman menyebabkan mereka kesulitan dalam mengambil keputusan untuk melakukan perluasan pasar.Berdasarkan masalah diatas, Dupont memerlukan sebuah Sistem Informasi Geografis yang mampu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Menurut Bettinger (2004: 4) Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah alat bantu dan servis yang diperlukan untuk dapat mengumpulkan, mengorganisir, memanipulasi, meninterpretasi, dan menampilkan informasi geografis. Sistem Informasi Geografis dapat memecahkan masalah spasial seperti yang dialami oleh P.T. DAPI karena Sistem Informasi Geografis memproses data-data spasial dan atribut yakni berupa peta beserta data-data yang berasosiasi dengan peta tersebut.

Sistem Informasi Geografis ini akan mampu menentukan lokasi lahan yang potensial dengan menerapkan Image processing. Menurut Acharya dan Ray (2005: 1) Image Processing adalah proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Dengan image processing pada sistem informasi geografis ini, peta yang berupa citra satelit dapat langsung diproses menggunakan sistem informasi geografis.Iklim dapat diklasifikasikan berdasarkan ketinggian tempat secara vertikal dan iklim dapat dikaitkan dengan jenis tanaman yang tumbuh dan berproduksi optimal sesuai dengan habitatnya (Junghuhn, 1845). Dengan peta ketinggian dan peta visible dari satelit sertadengan menggunakan proses image processing dapat ditetukan daerah yang berpotensi untuk pertanian serta jenis tanaman yang dapat tumbuh di lokasi tersebut.


Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK INFORMATIKA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN LAHAN POTENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING"

Powered by Blogger.