JURNAL TEKNIK MESIN PENGARUH REWARD DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK

blogger templates




Penulis : Anwarudin Zuhdi
Keywords: Reward, Interest, Learning outcome, Mechanical technology






Jurnal Penelitian | JURNAL TEKNIK MESIN PENGARUH REWARD DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK | Di era reformasi ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini, agar mutu dan kualitas pendidikan meningkat, perbaikan proses belajar dan mengajar harus diupayakan secara maksimal. Majunya pendidikan membawa implikasi meluas terhadap pemikiran manusia dalam berbagai bidang sehingga setiap generasi muda harus belajar banyak untuk menjadi manusia terdidik sesuai dengan kemajuan zaman. Menurut Sugihartono dkk (2012: 3-4) pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Berhasilnya suatu tujuan pendidikan tergantung pada bagaimana proses belajar mengajar (PBM) yang dialami oleh siswa. Seorang guru dituntut untuk teliti dalam memilih dan menerapkan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sudah menjadi tugas dan kewajiban guru untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang mampu menciptakan hasil belajar yang efektif. Penerapan PBM oleh guru kepada murid pasti timbul beberapa masalah. Salah satu masalah yang timbul dalam PBM disebabkan oleh kurang hubungan komunikasi antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya sehingga proses interaksi kurang aktif.

Beberapa cara yang dapat diaplikasikan untuk lebih meningkatkan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pengajaran sehingga dalam perbaikannya peranan guru sangat penting. Guru selaku pengelola kegiatan siswa, diharapkan juga membimbing dan membantu siswa.

Silahkan Download Disini :

0 Response to "JURNAL TEKNIK MESIN PENGARUH REWARD DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK"

Powered by Blogger.